Opini dan sukses bisnis

Tips sukses usaha Kuliner tradisional

Kuliner tradisional kini tidak lagi kalah saing dengan asal manca negara. Di penjuru kota banyak bisa ditemukan restoran, kafé atau warung kaki lima yang menawarkan kuliner tradisional. Tidak heran mencari kerak telor, cendol, nasi minang dan lain-lain terasa lebih mudah dibanding dulu.

 

Dengan membanjirnya usaha kuliner tradisional, maka tingkat persaingannya pun cukup tinggi. Tidak semua pengusaha bisnis kuliner sukses karena ada pula yang mengalami kebangkrutan akibat salah strategi.

 

Kalau Anda berminat membuat usaha kuliner tradisional, maka berani bersaing merupakan modal yang penting. Anda diharapkan bisa memiliki terobosan yang membuat usaha kuliner Anda lain daripada yang lain. Berikut ada enam tips yang bisa Anda ikuti agar usaha kuliner tradisional Anda sukses.

 

  1. Gencar promosi
    Promosi merupakan salah satu cara agar usaha kuliner tradisional Anda dikenal orang. Banyaknya media sosial bisa Anda gunakan untuk memperkenalkan menu tradisional andalan. Jangan ragu memasang foto hidangan di facebook atau instalgram untuk membuat orang tertarik datang ke restoran milik Anda tersebut.

 

Kalau perlu sesekali undang teman dan rekan kerja untuk makan di tempat Anda. Kalau mereka puas, biasanya mereka akan melakukan promosi pada teman-teman yang lain. Jangan salah, promosi dari mulut ke mulut biasanya lebih efektif.

 

  1. Pertahankan ciri khas
    Salah satu hal yang menarik dari kuliner tradisional adalah memiliki ciri khas. Baik dari segi tampilan makanan, rasa atau pun tempat mereka menikmatinya. Ciptakan ciri tersendiri dari usaha restoran yang Anda geluti.

 

Misalnya kalau Anda membuka usaha kuliner masakan Sunda, tidak ada salahnya memberikan hiasan atau ornamen yang berhubungan dengan asal kuliner yang Anda jual. Baik juga menambahkan musik tradisional yang membuat pengunjung betah dan mau datang lagi.

 

  1. Meminta masukan pelanggan
    Saat mendirikan restoran di luar daerah asal, maka tantangan yang dihadapi, mendapatkan rasa kuliner yang sesuai dan cocok dengan daerah asal. Lanjut Anda harus rajin minta masukan dari pelanggan untuk mendapatkan rasa yang otentik dan penyajian yang sama dengan daerah asal kuliner.

 

Selain masukan pelanggan, Anda juga harus berani memadukan menu kuliner Anda dengan kreativitas yang Anda miliki.

 

  1. Bersaing secara sehat
    Jangan pernah gentar untuk bersaing sesama pengusaha kuliner sejenis. Selain bersaing dengan sehat, alangkah baiknya menjalin kerja sama dengan mereka. Bila sesama pengusaha kuliner tradisional bekerja sama, dijamin keberadaan kuliner tradisional tidak akan goyah.

 

Selain itu para pelanggan juga akan punya banyak alternatif menu makanan tradisional. Kalau Anda adalah pengusaha kuliner yang memiliki menu menarik, enak dan otentik, Anda tidak perlu takut akan pernah kehilangan pelanggan.

 

  1. Ramah kepada pengunjung
    Sangat penting untuk menjaga sikap dan perilaku saat berhadapan dengan pengunjung. Semakin Anda ramah dan sopan dalam melayani, semakin banyak pengunjung akan kembali datang ke tempat Anda karena mereka merasa nyaman.

 

  1. Menjaga kebersihan
    Faktor untuk kemajuan usaha Anda lainnya, masalah kebersihan. Pastikan tempat usaha Anda selalu bersih dan hidangan yang disajikan memenuhi standar kebersihan. Biasanya pengunjung akan kembali ke restoran yang bersih meski dari segi rasa tidak begitu enak.

 

Kalau anda masih membutuhkan modal untuk usaha kamu, manfaatkan fasilitas KTA dari berbagai bank penyedia, bandingkan beberapa produk KTA sekarang, (/FIR; Halo Money; http://m.beritasatu.com/ekonomi/306691-6-tips-sukses-usaha-kuliner-tradisional.html)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*

code

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
Close
Close