Kesehatan

Menjaga kesehatan ginjal

12 Cara Menjaga Kesehatan Ginjal
Menjaga Kesehatan Ginjal tidak sulit karena hanya membiasakan dari pola hidup sehat. Ginjal memiliki peran yang tak tergantikan untuk tubuh. Tugas yang diemban berkaitan untuk membuang zat-zat beracun dan berbahaya dalam tubuh melalui urin saat menyaring darah.

Dengan menjaga ginjal, akan menjaga fungsinya secara optimal dan kondisi tubuh pun terbebas dari racun. Lantas, bagaimana cara menjaga kesehatan ginjal yang benar? Kesalahan dalam menjaga dan merawat ginjal akan meningkatkan resiko penyakit ginjal.

1. Berolahraga secara rutin
Cara Menjaga Kesehatan Ginjal yang utama rutin ber-OR. Manfaat OR menjaga daya tahan dan kebugaran tubuh, juga membantu kesehatan fungsi organ dalam yang penting, mulai paru2, jantung sampai ginjal. Penelitian membuktikan OR membantu pembentukan urin jadi lebih lancar dan tak terhambat. Jika anda rutin ber-OR, tentu tidak ada masalah dengan kesehatan ginjal anda.

2. Perbanyak minum air putih
Hampir 70% tubuh kita butuh air putih dan dengan menjaga asupan air putih per hari 8 gelas akan membantu menjaga keseimbangan tubuh. Dengan memperbanyak minum air putih, ginjal bekerja lebih baik karena pembuangan urin jadi lancar dan kinerja ginjal menjadi tidak berat.

3. Hindari obesitas
Obesitas atau kelebihan berat badan juga menjadi biang yang menyebabkan Fungsi Ginjal seseorang menjadi terganggu. Berat badan yang terus naik tentunya akan membuat lemak terus bertambah dan tertimbun di sekitar perut. Sehingga, ginjal akan mudah tertekan dan sesak.

Jika demikian, ginjal jadi lebih sulit memproses urin. Tidak heran jika penyakit ginjal mudah menghampiri penderita obesitas. Ber-OR rutin jadi solusi untuk menghindarkan diri dari masalah obesitas dan penumpukan lemak. Waspada juga terhadap makanan dengan kandungan lemak jahat.

4. Jaga tekanan darah
Tekanan darah mempengaruhi kesehatan ginjal. Tingginya tekanan darah membuat anda berpotensi berpenyakit ginjal. Ada banyak hal guna menjaga tekanan darah tidak terlalu tinggi dengan jaga diri agar tidak mudah stress dan selalu tidak mengedepankan emosi. Atur juga pola tidur anda. Tidur yang berkualitas selama 8 jam/hari akan membantu anda untuk menghindari mudah stress.

5. Perhatikan pola makan
Tidak hanya itu, menu makanan anda juga harus diawasi. Bila perlu, pantau selalu makanan yang rutin anda konsumsi. Karena fungsi ginjal sebagai penyaring racun, maka makanan yang kurang sehat akan membuat ginjal bekerja 2x lebih keras. Juga disarankan tidak minum berenergi dalam waktu panjang apalagi disaat dehidrasi.

Makanan yang kurang sehat bagi ginjal, yang mengandung lemak jenuh dan gula. Solusi tepat menjaga kesehatan ginjal, banyak mengkonsumsi buah-sayur. Kandungan vitamin, zat besi dan mineral dalam dua sumber makanan ini membantu menjaga kesehatan organ lain. Biasakan mengkonsumsi buah dan sayur segar secara rutin untuk mencegah ginjal dari kerusakan.

6. Hilangkan kebiasaan buruk
Jika anda bekerja terlalu lama dan tidak sempat istirahat, pastikan anda tidak dehidrasi dengan menyiapkan sebotol air putih. Cara ini disarankan membuat anda tidak menunda dan mengorbankan ginjal anda demi kesibukan.

7. Menjaga Kadar Gula
Penyakit diabetes dengan kesehatan ginjal memiliki keterkaitan. Banyak dari penderita diabetes juga ber masalah ginjalnya. Maka dari itu, menjaga kadar gula yang masuk tubuh penting untuk kesehatan ginjal.

8. Jangan Mengkonsumsi Obat Sembarangan
Banyak mengkonsumsi obat2an berat berbahaya pada jantung, juga membuat kerja ginjal makin berat. Ketika makan jenis obat tertentu lebih baik konsultasikan dokter lebih dulu. Khususnya obat nyeri dan obat antibiotik

9. Mengurangi Konsumsi Makanan Asin
Jangan terlalu banyak makan makanan asin. Bila anda memakan itu kerja ginjal tidak maksimal. Pakailah penyedap rasa secukupnya sepasnya dilidah untuk membantu menjaga kesehatan ginjal. Meski sepele, namun cara ini membantu mengembalikan memaksimalkan kinerja ginjal.

Menghindari kandungan garam terlalu banyak sangat disarankan. Saat garam berlebihan mengendap di tubuh, maka ditimbun jadi batu ginjal. Makanan kaleng dan makanan ringan mengandung garam tersembunyi. Hindari gunakan bahan penyedap yang berlebihan saat anda memasak.

10. Hindari Alkohol dan Jangan Merokok
Hal yang satu ini tidak aneh : Rokok dan alkohol bisa membahayakan kondisi tubuh. Selain merusak ginjal bisa juga merusak organ dalam tubuh lain. Ada beberapa hal yang paling sering diremehkan yang padahal jika terus dilakukan tentu akan mengganggu kerja ginjal.

Jika anda ingin tetap memiliki ginjal sehat, sebaiknya berhenti merokok. Merokok adalah penyebab utama kanker ginjal yang paling banyak terjadi karena kandungan nikotin yang menumpuk dalam tubuh dari isapan per batangnya. Selain itu juga hindari mengkonsumsi alkohol.

11. Jauhi Stres Berlebih
Stress dapat memicu berbagai penyakit, salah satunya penyakit ginjal dan memperburuk kerja ginjal. Ingat lakukan rileksasi atau beberapa cara yang dapat mengurangi stress anda. itu juga membantu menjaga kesehatan tubuh dan ginjal.

12. Periksa Ginjal
Sesibuk apapun dengan aktifitas dan rutinitas anda, setidaknya lakukan pemeriksaan atau sekedar check up . Agar kita tahu kondisi ginjal kita sehat atau tidak. Dengan begini kita bisa memantau kondisi ginjal, sehingga anda terhindar dari penyakit ginjal yang berbahaya.

Lebih baik menghindari penyesalan karena sakit ginjal, karena terlalu meremehkan menjaga kesehatan. Karena ginjal penting untuk tubuh dengan fungsinya luar biasa, tentu mencegah akan lebih baik daripada mengobati. (http://inkesehatan.blogspot.co.id/2015/02/12-cara-menjaga-kesehatan-ginjal_18.html)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close