Kesehatan

Mengenal penyakit gatal-Scabies

Merdeka.com-Scabies penyakit kulit akibat infeksi parasit yakni Sarcoptes scabiei. Akibatnya, kulit tubuh gatal karena sistem imun tubuh mengalami reaksi atas invasi parasit ini. Scabies disebabkan parasit. Siklus hidupnya mulai ketika parasit betina hinggap dan masuk ke kulit melalui liang2 yang ada di kulit.

Parasit jantan lalu akan bergerak di antara area-area liang tersebut untuk mencari keberadaan parasit betina yang siap dibuahi. Setelah proses perkawinan selesai, parasit jantan akan mati dan parasit betina akan mulai bertelur, yang akan segera retak dan pecah dalam tempo tiga hingga empat hari kemudian.

Setelah telur parasit yang biasanya berupa tungau ini pecah, tungau muda akan keluar untuk berpindah di permukaan kulit sampai dewasa dalam waktu 10 hingga 15 hari. Kemudian, siklus hidup parasit tungau akan kembali berulang, dengan tungau jantan mengendap di permukaan kulit dan tungau betina akan bertahan di liang-liang kulit yang tidak kasat mata untuk menciptakan liang yang baru.

Karena sifat parasit tungau yang aktif, perawatan agresif perlu dilakukan hingga sembuh total tanpa ada jangka waktu yang ditargetkan. Tungau penyebab penyakit scabies agak sulit dilepas dari kulit yang jadi sarangnya karena mereka tahan sabun dan air panas, serta tidak bisa digosok-gosok sampai hilang. (Feb; http://www.merdeka.com/sehat/kulit-sering-gatal-bisa-jadi-itu-tanda-scabies.html)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.




Enter Captcha Here :

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
Close
Close