Wisata dan Kuliner

Pemalang siap luncurkan Aplikasi TOP

Jakarta – Keindahan dan pesona alam Pemalang, Jawa Tengah tengah jadi sorotan masyarakat. Pasalnya, sebagai daerah yang berada di daerah Pantura pulau Jawa, Kabupaten Pemalang memiliki deretan destinasi wisata lengkap.

Sadar akan banyaknya destinasi wisata yang dimilikinya, Bupati Pemalang, H. Junaedi SH MH, siap membangun sarana dan prasarana pendukung bagi peningkatan industri pariwisata yang ada didaerahnya.

“Pemalang itu kuat wisata alam, karenanya kami ingin menjadikan Pemalang punya branding wisata alam. Pemda berupaya meningkatkan pembangunan sarana dan pra sarana pendukung bagi wisatawan yang datang ke Pemalang, khususnya pembangunan sarana transportasi dari dan menuju ke Pemalang,” ungkap H. Junaedi, saat berdialog dengan wartawan, di Jakarta, Kamis (7/4) petang.

Tak ingin ketinggalan, Pemkab Pemalang pun berupaya memberikan informasi kepada masyarakat dengan cara membuat aplikasi Touch One Pemalang (TOP).

“Kemajuan zaman saat ini membuat kami diharuskan mengikuti zaman. Masyarakat yang melek informasi dan tekhnologi internet kini tidak hanya ada di kota-kota besar seperti Jakarta saja, tapi masyarakat didaerah seperti di Kabupaten Pemalang pun ternyata sudah bisa menggunakan media internet sebagai sumber informasi mereka,” kata H. Junaedi.

Dengan aplikasi ini, lanjut dia, pihaknya berupaya menginformasikan semua kegiatan di daerah Kabupaten Pemalang lewat akses Internet. Aplikasi TOP (Touch One Pemalang) nantinya akan menjadi sumber informasi bagi masyarakat Pemalang dan masyarakat didaerah lain yang ingin tahu tentang Pemalang.

“Aplikasi ini rencananya kita akan launching berbarengan dengan HUT Kabupaten Pemalang tahun depan yang jatuh 24 Januari 2017 mendatang,” kata dia.

Ditambahkan Junaedi, selain akan meluncurkan program TOP, pemerintahan yang dipimpinnya itu akan berupaya memaksimalkan kemajuan tekhnologi internet dengan terus mengabarkan informasi seputar darah Pemalang, agaar bisa lebih dikenal seperti Banyuwangi, di Jawa Timur.

“Kita mencontoh Banyuwangi yang menggunakan media sosial dan internet untuk media publikasi ke masyarakat. Sehingga daerah itu kini dikenal di wilayah Indonesia dan juga dunia. Maka itu kami ingin memanfaatkan teknologi untuk terus memberikan informasi kepada masyarakat,” papar H. Junaedi.

Terlebih, Pemalang punya segalanya mulai dari pantai, pegunungan sampai wisata buatan yang terus dikembangkan, agar menjadi salah satu daerah tujuan wisata di Jawa Tengah. “Dampaknya jelas, ekonomi masyarakat akan terangkat, dengan banyaknya wisatawan yang datang,” sambungnya.

Bupati Pemalang juga berharap, publik figur dan orang-orang yang berasal dari Pemalang yang berada diluar Kabupaten Pemalang, dapat membantu pemerintah daerah untuk mempromosikan wilayahnya sebagai daerah tujuan wisata.

“Kami juga kini tengah berupaya untuk meminta putra daerah yang berasal dari Pemalang seperti Pedangdut Kristina, Artis Toro Margens dan Mantan Kapolri Jendral (purn) Sutanto, serta orang-orang yang berasal dari Pemalang di kota lain untuk membantu mempromosikan wisata Pemalang. Ini penting agar Pemalang bisa dikenal sebagai daerah wisata yang menarik,” ujarnya.

Di lain sisi, pihaknya berupaya menghidupkan festival2 budaya di Pemalang seperti Festival Widuri Batik Karnaval. “Selain itu beberapa acara menarik akan kita gelar terutama di-daerah2 destinasi wisata yang ada, agar masyarakat bisa mengenal Pemalang,” tambahnya. (Chairul Fikri/FER; BeritaSatu.com dan http://www.beritasatu.com/destinasi/359162-pemkab-pemalang-siap-luncurkan-aplikasi-top.html)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.




Enter Captcha Here :

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
Close
Close