Kesehatan

Kesehatan-Kalau oma opa susah tidur dan kurang Hepi

Kaum lansia, Oma Opa, Eyang Putri Eyang Kakung, Nini Aki, Nenek Kakek, sering sulit tidur, terutama yang wanita (Oma, Eyang Putri, Nini, Nenek). Kemudian anak cucu sering “menuduh” sang Oma, Eyang Putri, Nini, Nenek banyak pikiran. Tambah runyam. Apa sih sebenarnya penyebab sulit tidur?

Dalam kedokteran, gejala-gejala tadi disebabkan karena menurunnya kadar “serotonin* pada otak. Serotonin ini berfungsi menimbulkan perasaan senang, damai dan bahagia. Saat seseorang kekurangan serotonin karena usia, maka perasaan senang dan damainya juga berkurang.

Serotonin juga diubah dalam suatu proses metabolik jadi melatonin, yaitu suatu hormon yg membantu tidur lebih nyenyak. Maka jika Sang Nenek (dan Kakek) serotoninnya rendah, tidurnya pun susah. Apalagi ditambah tuduhan banyak pikiran maka komplit sudah penderitaan Sang Nenek (dan Kakek).

Serotonin dihasilkan dalam jumlah banyak di sistem pencernaan kita, karena itu jaga sistem pencernaan dengan serat dan probiotik yang cukup akan meningkatkan kadar serotonin di otak.

Serat bisa diperoleh dari makan nasi, sayuran dan bauh2an berserat. Probiotik secara mudah adalah makanan yang sulit dicerna atau diolah, diubah jadi bentuk lain, namun dengan bakteri “baik” makanan itu jadi mudah dicerna. Di perut, “bakteri baik” ini sudah ada, namun ada juga yang menjual makanan mengandung probiotik, misalnya: yogurt, kefir, kimchi dan dadiah.

Bisa juga kita “memelihara” bakteri “baik” ini dengan memberikan makanan kepada mereka, yaitu makanan berupa tempe, tahu, dan taoco (olahan kedelai). Probiotik juga dapat diperoleh sayuran berwarna (hijau, merah), dari bawang merah, bawang putih, dan pisang

Buah pisang juga dikenal tinggi akan kadar serotoninnya. Prof Michael Klentze (Jerman) pernah sambil bercanda mengatakan, “that’s why monkey always happy, coz they eat bananas alot” (itulah mengapa monyet selalu gembira, karena mereka makan banyak pisang).

Jadi perhatikanlah kesehatan pencernaan dan makanan para lansia siapa tau mereka kekurangan serotonin.

Banyaklah makan pisang yang enak dan di negara kita melimpah mudah dan murah (di Inggirs, Belanda, Canada, New Zealand pohonnya tidak ada lho) . . . . . (Widartoks 2016; Sumber : Salam Dr Yessin Lae; https://id.wikipedia.org/wiki/Probiotik dan http://www.tipscaramanfaat.com/manfaat-prebiotik-sumber-prebiotik-alami-440.html )-FR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.




Enter Captcha Here :

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
Close
Close