Pengalaman Anggota

Waluh Jipang

Akhirnya Waluh Jipang saya uzur juga. Jasanya besar, anak, tetangga, saudara, besan semua ikut menikmati. Berbulan-bulan daunnya yang hijau menutupi atas garasi. Beberapa waktu terakhir mulai mengering, buahnya yang biasanya ranum bergantungan sudah jarang.

 

Dahannya yang merambat ke-mana2 saya bersihkan semua, tinggal beberapa depa pangkal pohon, yang tiba2 bersembulan puluhan pucuk baru, saya biarkan, lumayan untuk sayur. Garasi dan sekitarnya kini bersih, tapi di tanah sekitar saya tanam sekitar 20 bibit muda, sunatullah berusaha melanjutkan generasi ibunya.

Perdu merambat yang juga bernama Labu Siam ini dari marga Sechium dan species Sechium edule. Ia satu marga dengan Melon dan Timun. Sulurnya panjang berperekat dan melekat ke apa saja yang ditemui. Sesudah menemukan pegangan seperti orang ber-tawaf ia langsung melingkar ke kiri beberapa putaran dan berpegang dengan sangat erat. Dengan cara demikian ia merambat menjalar kemana-mana baik kesamping maupun keatas. (Sadhono Hadi; dari grup FB ILP)-FR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.




Enter Captcha Here :

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close