Kesehatan

Kenapa harus jalan kaki 10.000 kaki

Kompas.com-Hidup aktif / banyak gerak merupakan syarat yang harus dimiliki bila kita ingin bugar dan terhindar dari penyakit. Hal itu dicapai antara lain : Berjalan kaki minimal 10.000 langkah tiap hari. Meski anjuran 10.000 langkah itu kontroversial, tetapi ahli kesehatan masih merekomendasikannya.

Studi terbaru, disebutkan 10.000 langkah mungkin kurang. Alih2, kita disarankan berjalan 5.000 langkah lebih banyak lagi. Peneliti Inggris membandingkan kesehatan tukang pos di Glasgow, Skotlandia, yang secara umum lebih banyak bekerja dengan jalan kaki ketimbang naik kendaraan.

Para tukang pos itu jalan kaki beberapa jam sehari, dibandin dengan rekan2nya yang bertugas di kantor pos, yang mayoritas hanya duduk. Hasilnya, mereka yang berada di kantor memiliki lingkar pinggang lebih lebar, lebih gemuk, dan memiliki kadar kolesterol serta gula darah lebih jelek.

Makin lama waktu yang dihabiskan duduk, makin besar risiko mengalami penyakit kronik seperti jantung. Tukang pos yang rata2 jalan 15.000 langkah tiap hari memiliki berat badan yang normal, dan juga profil metabolik baik. Profil metabolik itu misalnya kadar gula darah, Kolesterol atau tekanan darah.

Jika 15.000 langkah berat, kita bisa membagi  beberapa kali waktu. Misal, jalan kaki 30 menit sebelum bekerja, 30 menit lagi saat makan siang, dan 10 menit peregangan. (Lusia Kus Anna; Menshealth dan http://health.kompas.com/read/2017/03/27/090000823/mengapa.kita.harus.jalan.kaki.lebih.dari.10.000.langkah.tiap.hari)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.




Enter Captcha Here :

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close