Iptek dan Lingk. Hidup

Sally Ride Wanita Astonout peluncur Satelit Indonesia

Jakarta, CNN Indonesia-Taak banyak yang mengenal sosok Sally Ride, astronaut perempuan pertama penjelajah antariksa pada 1983. Ride terpilih sebagai astronaut bersama 4 rekannya yang tergabung dalam misi STS-7.

Dalam misi dengan pesawat ulang-alik Challenger, Ride menghabiskan waktu 6 hari di antariksa. Misi itu  upaya peluncuran dua satelit komunikasi milik Indonesia dan Kanada. Indonesia meluncurkan satelit Palapa Ring B1 milik Telkom. Ride turun tangan mengoperasikan Canadarm, lengan robot untuk memasang satelit di luar angkasa.

Usai merampungkan misi tersebut, Ride kembali dipercaya untuk peluncuran misi Challenger STS-41-G pada 5 Oktober 1984. Misi yang berlangsung selama sembilan hari tersebut bertujuan untuk menyigkirkan es dari bada pesawat agar bisa menyesuaikan antena radar.

Ketertarikannya di bidang Sains mendorong Ride merampungkan studi di bidang ilmu fisika di Stanford University pada tahun 1973. Dua tahun berikutnya ia berhasil mendapatkan gelar master di bidang sains dan gelar doktor dalambidang ilmu fisika pada 1978.

Setelah merampungkan studi di Stanford, Ride mendaftarkan diri untuk bergabung dengan Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA). Dari ribuan pendaftar, ia terpilih sebagai salah satu dari enam astronaut perempuan pertama di NASA.

Karirnya di bidang aeronautika diawali sejak ia mengambil peran sebagai kru darat untuk peluncuran kapsul antariksa. Peran pentingnya bukan hanya saat merampungkan misi di luar angkasa, ia juga sempat dilibatkan dalam penyelidikan kecelakaan Challenger pada tahun 1986 dan Columbia pada 2003.

Peran pentingnya ditunjukkan saat ia bergabung komite mementukan tujuan antariksa NASA di masa depan. Mengutip Space, di tahun 1987 Ride pensiun dari NASA dan bergabung dengan Pusat Keamanan dan Pengawasan Internasional di Stanford University. Karirnya di bidang aeronautika harus berakhir ketika ia divonis mengidap kanker pankreas.

Ride menghembus nafas terakhirnya di usia 61 tahun pada 2012 lalu setelah berjuang melawan sakit selama 17 bulan. (evn; Ervina Anggraeni; http://www.cnnindonesia.com/teknologi/20170619145052-199-222798/sally-ride-astronaut-wanita-peluncur-satelit-milik-indonesia/)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close