Kesehatan

Buah yang baik untuk Sarapan

Kompas.com-Memulai hari dengan sarapan, membantu memberi energi awal untuk beraktivitas. Sarapan sehat membantu : Memenuhi kebutuhan nutrisi, menurunkan kadar kolesterol, meningkatkan konsentrasi dan kinerja beraktivitas, dan memberi kekuatan dan daya tahan.

 

Makanan2 bisa jadi menu sarapan, seperti : Sereal, oatmeal, roti, telur, buah2an. Buah2an salah satu menu sarapan menjadi sehat. Di dalam buah2an terkandung vitamin2 dan mineral penting yang dibutuhkan. Misal, kandungan vit-C tinggi dalam buah mencegah penyakit tertentu.

 

Kandungan kalium dalam buah  membantu menyehatkan otot, dan masih banyak lagi. Buah juga mengandung banyak serat yang membuat Anda merasa kenyang lebih lama.

Berikut ini merupakan buah2an yang bisa dikonsumsi saat sarapan.

 

Pisang

Salah satu buah yang mudah ditemui. Makan pisang di pagi hari ide bagus. Pisang mengandung karbohidrat dan serat, membuat Anda kenyang lebih lama. Pisang juga mengandung kalium, membantu menurunkan tekanan darah. Anda bisa makan pisang dengan berbagai cara. Dimakan langsung, dibuat smoothies, ditambahkan ke sereal atau oatmeal, dsb.

 

Semangka

Semangka mengandung banyak air dan mampu menghidrasi tubuh. Semangka jadi buah yang baik dimakan pagi hari. Kandungan likopen buah semangka berperan penting pada penglihatan, kesehatan jantung, dan pencegahan kanker. Likopen dapat ditemukan dalam buah/sayuran warna merah.

 

Buah Berry

Buah2an berry : Blueberry, strawberry, dan raspberry itu buah2an kaya antioksidan. Antioksidan dalam buah berry (terutama strawberry dan blueberry) tersedia dalam bentuk antosianin yang melindungi jantung. Buah berry juga mengurangi peradangan, mencegah kolesterol darah teroksidasi, dan menjaga kesehatan pembuluh darah.

 

Anda tidak perlu khawatir ia akan menambah berat badan Anda jika dimakan banyak. Kandungan serat dalam buah berry membuat Anda kenyang lebih lama. Selain antioksidan dan serat, berry mengandung vit-C tinggi. Berry bisa untuk sarapan dengan menambahkan pada yogurt, sereal,atau oatmeal.

 

Kiwi

Kiwi sedikit masam, tapi mengandung kaya nutrisi. Buah kiwi mengandung vit-C tinggi, 65 mg / buah. Kiwi juga mengandung mineral kalium dan tembaga tinggi. Kandungan kalium tinggi dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi. Kiwi juga mengandung serat, lebih tinggi disbanding pisang.

 

Kiwi buah yang baik untuk pencernaan. Makan 2 kiwi sehari selama 1 bulan membantu mengurangi sembelit pada orang dengan sindrom iritasi usus besar. Anda bisa makan kiwi,  mencampurkan dengan buah lain, sehingga jadi salad. Atau dibuat smoothie bersama buah pisang dan strawberry.

 

Jeruk

Menyantap roti bersama jus jeruk menjadikan sarapan lebih bergizi. Jeruk salah satu buah yang vit-C tertinggi, sehingga bisa membantu memenuhi kebutuhan vit-C harian. Karenanya jeruk juga mengandung antioksidan tinggi, yang dapat melindungi tubuh dari bahaya radikal bebas. (Wisnubrata)

 

Monggo lengkapnya klik aja :  (http://lifestyle.kompas.com/read/2017/10/16/054100520/buah-buahan-yang-baik-untuk-sarapan)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close