Kesehatan

Kebiasaan memperburuk Diabe

(lifestyle.kompas.com)-Diabetes (DM), penyakit kronis yang mengancam kualitas hidup dan lumayan banyak diidap pensiunan, sahabat kita. Namun DM ini penyakit yang dapat dikelola, asal kita terapkan kebiasaan2 sehat . Tapi perilaku tak sehat bisa memperburuknya. Ini perlu Anda pertimbangkan :

 

1-Banyak duduk didepan layar kaca

Pasie2 diabetes yang tak sadar, banyak duduk di depan layar kaca (TV) berkaitan dengan penyakit DM yang disandang. Penelitian menunjukkan duduk meningkatkan risiko DM. Makin lama duduk di depan TV makin besar risikonya. Duduk 2 jam di depan TV meningkatkan risiko DM 20%, apalagi jika mulut juga tidak pernah diam, cemilan, yang tidak sehat sering jadi teman Anda.

 

Kebiasaan duduk, apalagi setelah Anda selesai makan meningkatkan kadar gula darah 24% lebih tinggi dibanding mereka yang berjalan pelan2 setelah makan.

 

2-Menghindari makan

Banyak pasien DM, karena takut gula darahnya tinggi, mereka tidak makan. Menghindari makan pagi, atau makan siang berisiko kadar gula darah tidak stabil, turun tiba2 dan dapat naik lagi, begitu juga kadar Insulin dalam darah.

 

Ini mendorong Anda mengkonsumsi makanan, cemilan tak sehat, dan lebih banyak dibanding Anda tetap makan seperti biasa. Bila Anda menggunakan obat2 DM, menghindari makan akan mempersulit kontrol gula darah Anda, dan bisa mengakibatkan komplikasi akut hipoglikemia.

 

3-Mengurangi tidur

Mengurangi tidur malam hari sering dilakukan pasien DM. Tak tidur kadang2 dianggapnya menurunkan gula darah, menurunkan berat badan. Padahal, kurang tidur berakibat naiknya kadar gula darah, bisa karena kecendrungan ngemil tidak sehat, berlebihan, atau dehidrasi yang Anda alami.

 

Mengurangi tidur malam hari juga sering membuat Anda mengantuk siang hari dan kompensasinya banyak tidur siang itu.  Tidur siang hari mengakibatkan aktifitas fisik berkurang, kadar gula darah Anda dapat meningkat.

 

4-Tidak makan obat

Banyak penyandang DM menghentikan  obat2an yang dikonsumsi. Alasan  mereka bisa karena gula darah mereka normal, tidak merasakan lagi gejala2 yang biasanya dikeluhkan, atau menggunakan obat tradisional, herbal, dan percaya herbal yang dikonsumsinya bisa mengontrol gula darah dengan baik.

 

Herbal mungkin bisa bantu, tapi belum tentu dapat  menggantikan obat2an yang selama ini digunakan. Menghentikan obat2an tiba2 bisa mengakibatkan kadar gula darah tinggi, tidak terkontrol dengan baik. Keadaan ini mempercepat komplikasi2 DM yang mungkin terjadi.

 

5-Tidak memeriksa Gula Darah

Kadar gula darah yang terkontrol itu faktor penting bagi penyandang DM. Kadar gula darah itu akan menentukan perjalanan penyakit Anda. Karena itu, tahu kadar gula darah itu harus periodik. Bila Anda gunakan terapi insulin, 1 atau 2x dalam sehari pemeriksaan itu perlu, sebaiknya dilakukan pagi hari sebelum makan pagi.

 

Kalau Anda penyandang DM-2  yang sudah terkontrol dan hanya dapat obat2 DM oral, pemeriksaan bisa lebih jarang. Pemeriksaan ini penting, untuk mengurangi potensi komplikasi, juga untuk mengevaluasi efektifitas  terapi yang diberikan, termasuk obat2 yang dikonsumsi,  diet,  OR, aktifitas fisik yang direkomendasikan. (Asep Candra;  Bahan dari :   http://lifestyle.kompas.com/read/2013/05/16/11030998/5.kebiasaan.salah.yang.memperburuk.diabetes)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.




Enter Captcha Here :

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close