Aku cinta Indonesia

Restorasi Pabrik Gula Usia 157 Tahun Jadi Destinasi Budaya

(ekbis.sindonews.com)-PT PP (Persero) Tbk telah merampungkan restorasi Pabrik Gula (PG) Colomadu, Karanganyar, Jateng. Pabrik usia (157) dan berhenti beroperasi sejak 1998 ini kini disulap jadi landmark pusat kebudayaan baru.

Restorasi ini dimulai 8/4/2017 dan hanya dalam 351 hari proyek ini rampung dikerjakan. Sebagai peresmian De Tjolomadoe, hari itu diselenggarakan konser artis bertaraf nasional dan internasional. Sebagai bintang tamu yaitu David Foster dan Anggun C Sasmi.

Menteri BUMN Rini Soemarno mengapresiasi pada PT PP yang memimpin proses restorasi. “Terutama Dirut PP, Pak Tumiyono yang nyata berhasil merealisasikan visi restorasi Tjolomadoe dalam waktu singkat serta memimpin kolaborasi BUMN2” kata Rini tertulis di Jakarta (25/3/18).

Proyek restorasi ini berawal dari nilai sejarah Indonesia yang pernah jadi eksportir gula terbesar dunia. Dari hasil kajian oleh konsultan independen menunjukkan revitalisasi eks PG Colomadu dapat dimanfaatkan menjadi venue bernilai sejarah sekaligus meningkatkan manfaat komersialnya.

Akhirnya sinergi 5 BUMN dan anak perusahaan BUMN diperintah mewujudkan visi mengoptimalkan eks-PG Colomadu. BUMN itu : PT PP (Persero) Tbk, PT PP Properti Tbk, PT Taman Wisata Candi Prambanan, Borobudur, dan Ratu Boko (Persero), serta PT Jasa Marga Properti beserta PTPN IX sebagai pemilik PG Colomadu.

Eks-PG Colomadu kini bernama anyar De Tjolomadoe, kini jadi destinasi wisata heritage terbaru di Karanganyar dan Jateng, yang dapat difungsikan jadi pusat kebudayaan, Concert Hall dengan kapasitas maksimal 3.000 orang, ruang pertemuan dan pameran berkapasitas maks. 1.000 orang, serta area komersial untuk makanan/minuman maupun kerajinan tangan.

“Semoga inisiasi De Tjolomadoe ini memacu BUMN untuk berinovasi dan bersinergi, sehingga bisa menjalankan peran sebagai agen pembangunan yang bukan hanya bersifat fisik, juga menguatkan karakter dan budaya bangsa” pungkas Rini.  (akr; Lily Rusna Fajriah; Bahan dari :   https://ekbis.sindonews.com/read/1292513/34/pt-pp-rampungkan-restorasi-pabrik-gula-berusia-157-tahun-1521954400)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close