Kesehatan

Menghilangkan kantuk pagi hari(4/4)

(mediskus.com)-Sajian terakhir dari seri Kantuk pagi : 15. Olahraga

Kondisi lemas / lunglai pagi hari dapat dihilangkan dengan OR (30 menit, 5x dalam seminggu) seperti jogging di luar rumah atau aerobik. OR pagi ini berdampak tambah energi hingga keesokan harinya. OR tak hanya meningkatkan kualitas tidur, tapi peredaran darah kian lancar dan kadar energi dan kesehatan makin meningkat.
16-Tarik nafas dalam

Walau kelihatan sepele, namun teknik menarik nafas dalam ini mampu membuat tubuh lebih siaga.

 

Apalagi kalau itu dilakukan sambil berjemur dan ber-OR di bawah sinar mentari pukul 6-7 pagi, saat radiasi UV berada di titik terendah. Bonusnya, tubuh mendapatkan vitamin D yang diperlukannya, dan mood juga meningkat.

 

17-Jangan andalkan kopi

Cara menghilangkan ngantuk di pagi hari selanjutnya jangan minum kopi tiap hari. Lebih baik minum kopi saat Anda benar2 merasa ngantuk saja. Penelitian menunjukkan tubuh bisa kebal dengan efek kafein dalam kopi bila kita sering mengonsumsinya. Ini membuat kopi kehilangan khasiat ‘bikin melek’.

 

18-Pikirkan atau lakukan sesuatu yang menyenangkan

Bagaimana perasaan ketika bangun menentukan apakah Anda akan menjalani pagi itu dengan loyo atau bersemangat. Daripada memikirkan hal-hal negatif, sebaiknya pikirkan yang positif saja. Ingat kembali hal apa menarik apa saja yang kira-kira mungkin terjadi hari ini. Dengan begitu, Anda jadi lebih bersemangat di pagi harinya.

 

19-Langsung bangun

Cara menghilangkan ngantuk di pagi hari lanjutannya, segeralah bangun begitu alarm berbunyi. Jangan tekan snooze lalu memperpanjang tidur 5 menit lagi. Hal ini akan membuat Anda makin malas dan loyo. Sama seperti kurang tidur tidak baik, begitu juga bila kebanyakan tidur. Para ahli menjumpai terlalu banyak tidur menyebabkan sakit kepala dan depresi.

 

20-Atur ulang jadwal harian

Jika jadwal harian mencegah Anda tidur cukup di malam hari, maka lakukan penyesuaian. Beberapa aktivitas malam mungkin dapat diganti ke pagi hari, atau sebaliknya.

 

21-Biarkan cahaya masuk dalam kamar

Ketika tidur, ruangan sebaiknya gelap, tapi lain halnya waktu bangun. Di sinilah salah satu keuntungan dari membuka sedikit tirai jendela kamar saat tidur. Pagi hari sinar matahari bisa menerobos masuk dan membangunkan Anda secara alami, tanpa bantuan alarm. Itulah cara2 menghilangkan ngantuk di pagi hari yang dijamin ampuh. (Mega Aprilianti; Bahan dari :  https://mediskus.com/tips/cara-menghilangkan-ngantuk-di-pagi-hari)-FatchurR *** Tamat……

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*

code

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
Close
Close