Kesehatan

Mengenal penyakit Multiple Sclerosis

Komedian dan pembaca acara “Pepeng” Ferrasta Soebardi wafat akibat penyakit multiple sclerosis, yang menyerang sistem saraf pusat. Penyakit ini dideritanya sejak 2005 dan ia menghabiskan 10 tahun terakhir di tempat tidur.

Di situs WebMD disebutkan, multiple sclerosis (MS) itu penyakit jangka panjang dan bisa memengaruhi otak, sumsung tulang belakang, dan saraf optik di mata. Karenanya, penderita penyakit ini mengalami gangguan penglihatan, gangguan keseimbangan, kontrol otot, dan fungsi dasar tubuh lainnya.

Penyebab MS masih misterius, faktor genetik dan lingkungan ikut berpengaruh. MS terjadi ketika sistem imun kita menyerang meterial lemak selubung saraf yang disebut myelin. Derajat keparahan penyakit ini juga bervariasi, ada yang gejalanya ringan dan tidak butuh terapi. Ada juga pasien yang mengalami kelumpuhan gerak dan sulit melakukan kegiatan harian seperti Pepeng.

Sejauh ini belum ada obat yang bisa mengobati penyakit ini. Dokter biasanya memberi obat untuk memodifikasi penyakit dan bertujuan memperlambat perburukan MS serta mencegah kekambuhan sehingga pasien tetap bisa aktif.

Obat itu bekerja dengan menekan sistem imun sehingga tidak menyerang myelin. Obat-obatan tersebut terdiri dari beberapa jenis, baik yang disuntikkan atau diminum. Jika penyakit ini ditemukan sejak dini pengobatan akan ditujukan mencegah kecacatan. Pasien umumnya berobat ketika penyakitnya kronis sehingga pengobatan tidak optimal.

Kematian akibat penyakit ini jarang terjadi. Namun, kematian tidak langsung lebih sering terjadi akibat komplikasi radang paru atau infeksi lain. (Sumber: Kompas.com, WEBMD dan http://nationalgeographic.co.id/berita/2015/05/kenali-penyakit-multiple-sclerosis-yang-diderita-oleh-pepeng)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.




Enter Captcha Here :

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
Close
Close