Kesehatan

Mengobati Gatal di Badan(2/2)

(mediskus.com)-Selaanjutnya silahkan lanjut di seri terakhir : 5-Antihistamin

Histamin adalah zat kimia tubuh yang dihasilkan saat terjadi alergi, zat ini memicu gatal2, ruam kemerahan, dan pembengkakan. Karenanya, untuk menghilangkan efek histamin ini, maka diperlukan obat gatal berupa antihistamin.

 

Beberapa contoh antihistamin, seperti CTM, ciproheptadin, difenhidramin, cetirizine, loratadin, dsb. Tapi karena, kebanyakan bikin ngantuk, maka ada baiknya obat gatal ini diminum sebelum tidur saja. Kecuali jika yang digunakan adalah antihistamin non-sedatif (tidak bikin ngantuk), contohnya loratadin.

 

6-Hidrokortison

Cara mengobati gatal2 berikutnya dengan mengoleskan krim anti-gatal yang mengandung minimal 1% hidrokortison (salep hidrokortison). Kandungan ini mampu menghambat respon tubuh terhadap radang dan membantu menenangkan kulit iritasi atau gatal.

 

Anda dapat beli di toko obat terdekat. Tapi perlu diingat, penggunaan krim atau salep hanya ditujukan untuk area gatal yang sempit, bukan gatal-gatal di sekujur badan. Untuk kasus gatal yang luas, biasanya dokter meresepkan steroid oral (obat minum). Baca juga: Obat Gatal Kulit Paling Ampuh di Apotek

 

7-Antidepresan

Menurut beberapa hasil studi, obat penangkal depresi ternyata juga mampu meredakan gatal. Alasannya karena obat ini merilis serotonin sehingga membuat reseptor dalam tubuh tetap rileks dan tak terlalu bereaksi dengan stimulan dari luar.
8-Pramoxine

Cara menghilangkan gatal di badan selanjutnya adalah dengan mengoleskan salep atau krim topikal yang mengandung anestesi (pramoxine). Alasannya, sensasi gatal terjadi ketika serabut saraf sensoris menerima rangsangan gatal tersebut.

 

9-Berhenti menggaruk

Cara menghilangkan gatal di badan ini mungkin mudah dikatakan, tapi sulit dilakukan. Menggaruk merupakan respon alami tubuh ketika timbul rasa gatal. Tapi respon ini tak bisa memecahkan masalah. Menggaruk dapat merusak kulit dan menyebabkan infeksi. Karenanya tubuh gatal, jangan digaruk.

 

Untuk membantu meredakan sensasi gatal, pakar kulit menyarankan tips : Kenakan baju yang nyaman, pilih bahan yang tidak bikin iritasi seperti katun (hindari wol atau bahan kasar lain). Potong kuku rutin agar tetap pendek sehingga kulit tak sampai luka ketika Anda lalai menggaruknya. Mandilah 10 menit saja – gunakan air hangat, bukan panas.

 

Selalu pakai produk sabun, losion, deterjen, yang bebas pewangi untuk meminimalisir iritasi (hati2 label “unscented” karena bisa jadi produk itu mengandung zat kimia lain yang dapat mengiritasi kulit). Oleskan obat lebih dulu sebelum pelembab. Kurangi stres karena ini memperburuk gatal yang ada.

 

Jika Anda sudah coba cara2 mengobati gatal tadi, namun sensasi mengganggu itu tak kunjung hilang dalam waktu 3 hari atau lebih, maka periksa ke dokter. Meski jarang mengindikasikan masalah serius, namun gatal bisa muncul akibat penyakit tertentu seperti gangguan tiroid, ginjal, liver, atau kanker.

 

Jadi segera temui dokter bila gatalnya bukan karena gigitan serangga, luka, atau ruam. (Mega Aprilianti; Sumber: 9 Cara Mengobati Gatal2 di Badan dengan cepat-Mediskus dan   https://mediskus.com/tips/cara-mengobati-gatal-gatal-di-badan)-FatchurR *** Tamat………..

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close