Wisata dan Kuliner

Lima Kota tertua di Indonesia(1/2)

(merdeka.com/peristiwa)- Indonesia baru berusia 73an tahun. Tapi siapa sangka, kota2 di Indonesia berdiri jauh sebelum Indonesia merdeka. Bahkan usia kota2 ini mencapai ribuan tahun dan mendapat julukan sebagai kota tertua di Indonesia. Berikut  kota2nya dalam 2 seri.

 

1-Palembang

Kota pempek ini didirikan pada 16 Juni 682 Masehi, seperti yang tertulis di sebuah prasasti Kedukan Bukit. Keberadaan prasasti tersebut juga mengukuhkan posisi Palembang sebagai kota tertua di Indonesia. Berarti saat ini Palembang berusia sudah 1334 tahun.

 

Palembang, ibu kota Provinsi Sumsel dan kota terbesar kedua di Sumatera setelah Medan. Kota yang dijuluki ‘Venesia dari Timur’ ini dulu pusat dari Kerajaan Sriwijaya, suatu kekuatan maritim terbesar di Asia Tenggara. Kota ini luasnya 358,55 km[4] yang dihuni 1,8 juta orang, kepadatan penduduk 4.800/km.

 

2-Salatiga

Berikutnya Kota Salatiga, Jateng yang ada sejak 750 masehi. Hari Jadi Kota Salatiga dibakukan, tanggal 24/7/750 yang ditetapkan dengan Perda Kota Salatiga No. 15/1995 tentang Hari Jadi Kota Salatiga. Jadi usia kota Salatiga 1267 tahun.

Asal usul Salatiga, yaitu cerita rakyat, prasasti dan penelitian dan kajian detail. Dari sumber2 itu Prasasti Plumpungan-lah yang dijadikan dasar asal usul Kota Salatiga. Dari prasasti itu membuktikan Salatiga menjadi kota tertua di Indonesia. (Shifa Hanifah; Bahan dari :  https://www.merdeka.com/peristiwa/5-kota-tertua-di-indonesia-ada-yang-usianya-di-atas-1000-tahun.html)-FatchurR * Bersambung……..

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*

code

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
Close
Close