Iptek dan Lingk. Hidup

Fakta menarik Bandara Ahmad Yani Terapung pertama di dunia

(merdeka.com)- Pada Kamis (7/6), Presiden meresmikan terminal baru Bandara Internasional Ahmad Yani (BIAY) di Semarang. Terminal terbaru ini dibangun dengan investasi fantastis Rp 2,08T, bertujuan mengatasi masalah kekurangan kapasitas di bandara ini yang terjadi tahun2 terakhir.

 

Di balik mulai beroperasinya terminal penumpang baru BIAY, ternyata ada hal2 menarik yang wajib diketahui. Kita tahu bahwa Terminal BIAY di Semarang ini terminal mengapung. Dibangun di atas rawa (air) dan dikelilingi kolam, mulai gedung terminal, gedung parkir, dan wetland park are.

 

Maksudnya mengakomodasi kondisi lahan yang sebelumnya lahan rawa. Ini jadi terminal penumpang bandara terapung pertama di Indonesia, bahkan di dunia. Apa keunikan BIAY ? Berikut ulasannya.

 

1-Ditanami Mangrove

Area bandara ditanami 24 ribu bibit mangrove seluas 4.478 m2 mendukung kelestarian lingkungan.

 

2-Kapasitas Penumpang 9x lebih banyak

Kapasitas penumpang terminal baru BIAY dari 800 ribu orang jadi 6,9 juta penumpang. Dengan kapasitas baru ini, BIAY lebih 9x dari terminal lama.

 

3-Luas Terminal Cargo 3x lipat

Luas terminal kargo di BIAY ini naik 3x lipat dari 774 m2 jadi 2.048 m2.

 

4-Air diolah dengan system Reverse Osmosis

Pemenuhan kebutuhan air di terminal baru BIAY tidak hanya dari PDAM, tapi diperoleh dari air payau dan air hujan yang diolah dengan sistem Reverse Osmosis (RO).

 

5-Konsep Eco Airport

BIAY ini dibangun dengan mengadopsi konsep eco-airport dan sebagian besar bangunan berdiri di atas air. Dengan kelebihan dan keunikan itu, BIAY ini layak jadi ikon baru dan kebanggaan masyarakat Semarang dan Jawa Tengah.

 

(Idc; Indra Cahya; Bahan dari : Liputan6.com dan https://www.merdeka.com/uang/5-fakta-menarik-soal-bandara-ahmad-yani-semarang-bandara-terapung-pertama-di-dunia.html)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.




Enter Captcha Here :

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
Close
Close