Wisata dan Kuliner

Lima Kota tertua di Indonesia(2/2)

(merdeka.com/peristiwa); 3-Malang

Malang jadi salah satu kota tertua karena diperkirakan ada sejak 760 M. Usia kota Malang diperkirakan 1255 tahun (dari peninggalan prasasti Dinoyo diperkirakan ada sejak 1 Margasira 682 saka (28/11/760).

Kota ini didirikan pada masa Kerajaan Kanjuruhan dan terletak di dataran tinggi seluas 145,28 km2. Ini membuat Malang sejuk. Kota ini dijuluki sebagai “Paris van Oost-Java” atau “Kota Paris di Timur Pulau Jawa”.

 

4-Kediri

Kediri sudah berdiri sejak tahun 879 Masehi, menjadi kota tertua di Nusantara karena berusia 1138 tahun. Luas wilayah Kota Kediri adalah 63,40 km atau (6.340 ha) dan merupakan kota sedang di Provinsi Jawa Timur. Kota Kediri juga dikenal sebagai pusat perdagangan gula dan rokok terbesar di Indonesia.

 

5-Magelang

Kota Magelang bediri pada 11/4/907 Masehi, usianya 1111 tahun pada April tahun 2018 ini. Magelang kota kecil yang menawan, terletak di Jawa Tengah. Ketika Inggris memerintah kota ini di abad ke-18, Magelang dipilih menjadi pusat pemerintahan untuk kabupaten.

Saat itu Mas Ngabehi Danurukmo diangkat menjadi bupati pertama yang mempelopori pengembangan kota Magelang dengan membangun alun-alun kota, masjid, dan kantor bupati. Pada tahun 1818 kota ini juga pernah menjadi ibukota Kabupaten Kedu. Kota Magelang sekarang terkenal karena menjadi lokasi

 

(Shifa Hanifah; Bahan dari :  https://www.merdeka.com/peristiwa/5-kota-tertua-di-indonesia-ada-yang-usianya-di-atas-1000-tahun.html)-FatchurR * Tamat……..

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close