Kesehatan

Mencegah Penyakit Ginjal sejak dini

(1health.id)- Beberapa tahun belakangan ini, penyebab kematian tertinggi di Indonesia karena  penyakit tidak menular. Iini jauh berbeda dengan puluhan tahun lalu. Yang masih mewabahnya penyakit menular.

 

Yang meningkat penderitanya itu penyakit ginjal. Padahal ini jenis penyakit yang dapat dicegah. Berdasar data 7th Report of Indonesian Renal Registry (2014), penyebab pasien mengalami penyakit ginjal (harus dirawat dengan cuci darah) yaitu, hipertensi (37%),  diabetes melitus (27%), kelainan bawaan (10%), penyumbatan saluran kemih (7%), asam urat (1%), penyakit lupus (1%), dll (18%).

 

Penyakit ginjal sering tidak menunjukkan gejala berarti. Sehingga banyak penderita tak menyadarinya. Hal itu dapat memperparah penyakit dan menurunkan mutu hidup. Jadi, mencegah penyakit ginjal jadi penting. Beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mencegah penyakit ginjal, adalah:

 

1-Pola makan sehat

Konsumsilah makanan bergizi seimbang dan teratur. Pola makan sehat termasuk cukup kebutuhan cairan. Pola makan sehat perlu untuk mencegah menumpuknya kolesterol dan terjadinya tekanan darah tinggi, yang merupakan faktor risiko terjadinya penyakit ginjal.

 

2-Hindari rokok dan alkohol

Rokok dan alkohol dapat meningkatkan jumlah racun di dalam tubuh, yang dapat memperberat kinerja ginjal. Minuman beralkohol juga meningkatkan tekanan darah.

 

3-Olah Raga teratur

OR dan aktivitas fisik cukup dapat membuat metabolisme Anda meningkat. Hal itu termasuk menjaga kinerja dan fungsi ginjal. Jadi sesibuk apapun kegiatan Anda tiap hari, sempatkanlah untuk ber-OR.

 

4-Kelola Stres

Stres juga menjadi salah satu pemicu terjadinya gangguan pada organ pencernaan, termasuk ginjal. Anda sebaiknya mampu mengelola stres dengan baik dan menghindari pemicu stres.

 

5-Istirahat teratur

Istirahat teratur berfungsi menstabilkan tekanan darah dan menjaga kesehatan pencernaan. Pastikan Anda istirahat cukup, meski banyak pekerjaan yang harus Anda lakukan.  (Article By Bebby Sekarsari; Bahan dari : http://www.1health.id/id/article/category/sehat-a-z/5-cara-mencegah-penyakit-ginjal-sejak-dini-1.html)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close