Wisata dan Kuliner

Wonderful Geopark of Indonesia berpotensi sumbang 1 Juta Wisman

(lifestyle.sindonews.com)-Jakarta; Geopark atau taman bumi jadi daya tarik pariwisata unggulan Indonesia khususnya produk ekowisata karena berkontribusi signifikan pada kunjungan Wisman ke Indonesia. Potensi Wonderful Geopark of Indonesia jika dikombinasikan dengan daya tarik ekowisata.

“Tahun 2015 yang lalu 550.000 wisman dengan perolehan devisa mencapai USD1 miliar,” kata Menpar  Arief Yahya seperti dikutip dari Kemenpar.go.id.

Untuk meningkatkan kunjungan wisman minat geopark, Kemenpar gencar bekerjasama dengan negara2 anggota UNESCO Global Geopark di antaranya Malaysia dan China guna kerjasama promosi. Indonesia itu salah satu negara yang memiliki UNESCO Global Geopark terbanyak di Asia diantaranya Ciletuh, Gunung Sewu, Gunung Batur dan Gunung Rinjani.

“Selain itu memiliki 7 geopark nasional Kaldera Toba, Merangin, Belitong, Bojonegoro, Tambora, Maros Pangkep, dan Raja Ampat. Dari geopark nasional itu ada yang sedang diajukan agar jadi UNESCO Global Geopark” kata Arief Yahya.

Sebagai daya tarik pariwisata unggulan, potensi Wonderful Geopark of Indonesia terus dikembangkan sebagai produk ekowisata sehingga kontribusi pada kunjungan wisman mendatang semakin besar.

 

“Tahun 2019 kami targetkan kontribusi wisman dari wisata geopark 1,1 juta atau 5,5% dari target 20 juta kunjungan wisman dengan perolehan devisa USD2 miliar,” ujar dia. (alv; Diana Rafikasari; Bahan dari :  https://lifestyle.sindonews.com/read/1323377/156/wonderful-geopark-of-indonesia-berpotensi-sumbang-1-juta-wisman-1532022363)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close