TELKOMGrup dan SEKAR

Lemhanas dan Telkom meraih Penghargaan Inovasi Tingkat Dunia

(beritasatu.com)-SAN DIEGO; Lemhanas dan Telkom, memenangkan Esri Special Achievement in GIS (SAG) Award. Penghargaan ini, diberikan pada instansi yang memanfaatkan teknologi Geographic Information System (GIS) secara kreatif untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat.

 

CEO Esri Indonesia, Dr A Istamar mengatakan, pencapaian luar biasa yang diraih Lemhanas (Lembaga Ketahanan Nasional) dan Telkom, diharapkan dapat menginspirasi banyak pihak di dunia dan memacu untuk memanfaatkan teknologi GIS dalam rangka menguatkan kegiatan operasional.

 

“Penghargaan ini menunjukkan kepada dunia bahwa Indonesia terus membuktikan mampu sebagai pusat inovasi teknologi tingkat dunia untuk pengembangan augmented reality, dan juga big data,” ujar Istamar, dalam siaran pers yang diterima BeritaSatu.com; di Jakarta, (12/7).

 

Menurut Istamar, Lemhanas dan Telkom jadi panutan di tingkat global berkat pemanfaatan teknologi GIS secara inovatif dalam mengolah big data. “Pendekatan inovatif oleh Telkom dengan teknologi GIS untuk meningkatkan basis pelanggan mereka di tengah persaingan pasar yang ketat di Indonesia jadi blueprint bagi perusahaan2 telekomunikasi utama di dunia”.

 

Lemhannas menggunakan pemodelan prediktif dinamis memanfaatkan big data dari seluruh Indonesia yang dikembangkan spasial. “Inovasi ini membantu pembuat keputusan mengembangkan dan mensimulasikan dampak yang timbul dengan menggunakan skenario if/then,” tandasnya.

 

Manager Big Data External Service Strategic & Design Telkom Indonesia, Arif Rahman, mengatakan, pihaknya menggunakan teknologi GIS untuk mendapat masukan pada kemampuan memberi layanan utama dan kritikal untuk produk IndiHome.

 

“Sejak diimplementasikan pada Indihome, kami terus melihat kemajuan berarti dalam produktivitas dan efisiensi. Teknologi ini membantu para staf dan manajemen membuat keputusan penting” jelas Arif.

 

Kepala Labkurtannas Lemhannas, Marsma TNI Ade Dian Suryacandra, menambahkan, dengan teknologi GIS, Lemhannas mengembangkan Sistem Pengukuran Ketahanan Nasional atau Siskurtannas. Sistem ini, secara signifikan meningkatkan level ketahanan negara di tingkat regional dan nasional, dengan membantu memberikan pemahaman yang lebih mendalam mengenai potensi ancaman.

 

“Sistem ini menunjukkan betapa luar biasa peran integral yang dimainkan teknologi GIS membantu kami mengambil keputusan berbasiskan informasi akurat yang membawa dampak luas bagi inisiatif keamanan nasional” tegasnya. (Feriawan Hidayat; Fer; Bahan dari : BeritaSatu.com dan http://www.beritasatu.com/sains/500825-lemhanas-dan-telkom-raih-penghargaan-inovasi-tingkat-dunia.html)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close