Wisata dan Kuliner

Terobosan Kemenpar demi 20 Juta Wisman

(cnnindonesia.com)-Jakarta, Presiden mengatakan sektor pariwisata sebagai penghasil devisa harus diberikan ruang se-luas2nya untuk mendapat investasi.

Saat memberi sambutan dalam Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Pengendalian Inflasi Tahun 2018, Presiden menuturkan pemerintah pusat siap membantu terciptanya peluang itu, terutama daerah yang sudah diincar wisatawan dari dalam negeri dan luar negeri.

“Saya sudah disampaikan mengenai 10 Bali baru tapi yang akan kita fokus kerjakan baru Mandalika di NTB, Labuan Bajo di NTT, Borobudur di Jateng, Danau Toba di Sumut” ujar Presiden, dikutip dari situs resmi Sekab RI Jakarta, (26/7). Kemenpar, diberi target 20 juta wisatawan mancanegara (wisman) ke Indonesia tahun 2019.

Sedang-2018 Kemenpar diberikan target menggaet wisman : 17 juta. Untuk mengejar target ini Menpar Arief Yahya mengatakan harus ada terobosan. Terobosan itu dijadikan 3 program, yaitu insentif kepada airlines/wholesaler, Hot Deals Visit Wonderful Indonesia, dan CDM (Competing Destination Model).

Dengan rata2 kunjungan wisman 1,25 juta perbulan, diperkirakan akhir tahun 2018 akan memperoleh 15 juta wisman. Perlu tambahan 2 juta wisman mencapai target 17 wisman pada 2018. Dia jelaskan dari tiga program terobosan Kemenpar itu diproyeksikan akan diperoleh tambahan 1,95 juta wisman hingga akhir tahun ini. Sehingga butuh tambahan 50.000 wisman.

“Proyeksi tambahan 1,95 juta ini sebagai target realistik yang akan kita capai meski di bawah target optimistis yang ditetapkan” kata Arief, seperti rilis yang diterima CNNIndonesia.com, (26/7).

Menurutnya program kerjasama promosi dengan airlines dan wholesaler itu strategis mendatangkan wisman karena 75% wisman yang datang ke Indonesia melalui konektivitas udara (airlines) regular dan chartered flight. Hot Deals adalah program mengoptimalkan kapasitas tidak terpakai atau idle capacity. Diutamakan pada 3 pintu masuk utama : Great Bali (40%), Great Jakarta (30%), dan Great Kepri (20%).

Competing Destination Model (CDM) ini metode penyedia platform data driven marketing dalam mengarahkan calon wisman yang sudah memiliki tujuan wisata ke destinasi tertentu.  (ard; Bahan dari : https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20180726192108-269-317315/tiga-terobosan-kemenpar-demi-20-juta-wisman)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close