Wisata dan Kuliner

Eksotisme Toraja dari Rambu Tuka dan Kuburan Tebing Kete Kesu(2/3)

(lifestyle.sindonews.com)- Rambu Tuka
Karena itulah, menurut Kalatiku Paemboan, upacara Rambu Tuka ini selalu dapat tempat terpenting di budaya Toraja dan dipelihara. Bagi Kalatiku Paemboan, pemerintah memelihara, karena Toraja Utara sebagai daerah wisata benar2 lengkap sebagai destinasi bila upacara2 adat seperti Mangrara tetap dipelihara.

Karenaitu, Kalatiku Paembonan mengatakan Pemkab Kabupaten Toraja Utara mengkondisikan, sehingga acara Rambu Tuka berlangsung sangat baik. Hal ini tidak terjadi hal2 yang tidak diinginkan dan berkesan baik bagi seluruh keluarga dan wisatawan2 yang ke daerah Toraja Utara.

 

Tongkonan Ke’Te Kesu adalah salah satu idola bagi objek wisata Toraja yang terlengkap. Karena, sebuah Tongkonan itu harus ada Tongkonan, lumbung, sawah, kebun, hutan, dan ada tempat kuburannya.

“Karena itu, Toraja Utara selalu memiliki kebanggaan memiliki Ke’Te di sini untuk selalu dipresentasikan kepada siapapun yang mencintai daerah2 wisata seperti ini,” ucap Kalatiku Paembonan.

Karena itu, Pemkab Toraja Utara mengupayakan promosi dan mengkomunikasikan ke pihak2 mengenai acara upacara adat yang akan berlangsung di Toraja. “Jadi, jajaran kami dari Dispar dan Kominfo mengkomunikasi ke siapapun, melalui website dan medsos dan juga situs resmi mengenai acara upacara2 adat yang akan berlangsung” tutur Kalatiku Paembonan.

Upacara adat di Toraja jadi daya tarik wisata yang menyedot kunjungan wisman ke Indonesia dan Toraja pada khususnya. Terlebih, Pemerintah memiliki target 20 juta kunjungan wisman (2019).

Dalam hal ini, Kalatiku Paembonan optimistis Toraja Utara turut menyumbang kunjungan wismman ke Indonesia. “Kami bertekad mengambil 10% untuk berpartisipasi dalam hal itu,” paparnya.

MNC Travel yang menemani tim MNC Media berkunjung ke Ke’Te Kesu mengaggumi kekayaan adat istiadat masyarakat Toraja. Juga sambutan masyarakat setempat ke para pendatang yang begitu hangat.

“Masih kental adat istiadat masyarakat Toraja, untuk pembangunan rumah punya tata cara memenuhi syarat adat mereka. Kami senang disambut bupati Torut, penjabat pemerintah setempat dan masyarakat dengan hangat,” tutur Head of Marketing MNC Travel, Diana Ring. (alv; Bahan dari :  MNC Media dan  https://lifestyle.sindonews.com/read/1318378/156/menyusuri-eksotisme-toraja-dari-upacara-rambu-tuka-dan-kuburan-tebing-kete-kesu-1530587396)-FatchurR * Bersambung…..

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*

code

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close