Iptek dan Lingk. Hidup

Fasilitas Uji Tipe Kendaraan Listrik Selesai-2021

(cnnindonesia.com)- Jakarta, Sebagai langkah persiapan memasuki era kendaraan listrik di Indonesia, pemerintah mengatakan bakal mendirikan pusat fasilitas uji tipe baru. Bekasi di Jawa Barat dipilih jadi lokasi fasilitas yang bakal menentukan model kendaraan listrik laik dijual di pasaran atau tidak.

“Jadi untuk memastikan seluruh kendaraan nantinya yang diuji itu aman, sesuai standar yang ada,” kata Direktur Sarana Perhubungan Darat Kemenhub Sigit Irfansyah, saat ditemui di Jakarta belum lama ini. Ada tiga aspek penting dalam uji tipe kendaraan listrik, yaitu terkait batere, kecepatan, dan pengisian daya.

 

Pihaknya dikatakan mendalami macam2 teknologi kendaraan listrik yang berkembang saat ini untuk menentukan teknologi yang bakal digunakan di fasilitas uji tipe baru. “Jangan sampai kami bangun, tapi teknologi (kendaraan listrik) melompat jauh,” ujar Sigit.

Setelah pendalaman selesai, maka fasilitas uji tipe bakal dimulai pembangunannya. Proyeksi Sigit pembangunan bisa start pada 2019 dan targetnya butuh 2 tahun pengerjaan. “Kami akan pakai standar pengujian internasional, kami adopsi itu. Jadi nanti semua merek bisa menyesuaikan, mau itu merek Eropa atau Jepang,” ucap dia.

 

Regulasi suara Kendaraan Listrik
Tanpa mesin pembakaran dalam, bising gerakan mekanis pada kendaraan listrik berkurang signifikan dibanding kendaraan konvensional. Maka itu kendaraan listrik jadi sunyi, namun pemerintah menilai justru tanpa bising bisa membahayakan saat digunakan di jalan.

Atas dasar mendukung keselamatan di jalan, pemerintah mewajibkan kendaraan listrik menghasilkan suara yang skala intensitasnya ditentukan dalam Peraturan Menteri Perhubungan (Permenhub) No. 33 Tahun 2018 tentang Pengujian Tipe Kendaraan Bermotor.

Salah satu tugas fasilitas uji tipe khusus ini yaitu memastikan kendaraan listrik yang dijual di Indonesia sesuai peraturan suara. Di antara deretan aturan itu salah satunya mengatur bunyi yang dihasilkan tak boleh menyerupai suara musik, suara hewan, sirene, dan klakson.

“Kami sedang diskusi mengenai suaranya. Memang di Indonesia ini ada sounds limit untuk kendaraan listrik, walupun mobil seperti ini memang tanpa suara,” ucap Sigit. (ryh; fea; Tim CNN; Bahan dari : https://www.cnnindonesia.com/teknologi/20180926101731-384-333265/proyeksi-fasilitas-uji-tipe-kendaraan-listrik-selesai-2021)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close