Wisata dan Kuliner

Tempat Umum dengan aturan Dilarang bawa Durian

(m.tribunnews.com)- Beberapa waktu lalu sempat viral kisah penumpang Sriwijaya Air bawa durian di pesawat. Durian akhirnya dibawa turun dari pesawat karena aromanya menyengat. Selain di dalam pesawat, berikut ini deretan tempat yang dilarang bawa durian :

 

Buah durian dikenal memiliki aroma menyengat. Hal ini membuat fasilitas2 umum dan ruang publik melarang bawa durian. Terlebih, tidak semua orang sukai aroma buah durian, terutama orang2 barat yang tidak akrab buah tropis ini. Berikut yang tidak memperbolehkan seseorang bawa durian.

 

Pesawat

Pesawat satu tempat yang tidak diperkenankan membawa Durian.

Tentu hal ini dikarenakan pesawat (transportasi jarak jauh) yang mengangkut banyak orang. Dilansir Grid.id dari yearofthedurian.com, sepasang warga negara Swedia sempat ketahuan bawa Durian di pesawat dan mereka diminta menghabiskan Durian itu sebelum lepas landas.

 

Bus

Menurut seorang kontributor situs TripAdvisor Singapura, buah Durian tidak diperkenankan dibawa dalam bus ber AC.

 

Kereta dan MRT

Singapura menjadi salah satu negara Asia Tenggara yang telah memiliki transportasi moderen MRT (Mass Rapid Transit). Di negara maju ini, ada simbol larangan bawa durian di stasiun dan gerbong kereta. Dilansir Grid.id dari yearofthedurian.com, tidak ada peraturan yang menyebutkan berapa denda untuk seseorang yang membawa durian di MRT.

 

Taksi

Alat2 transportasi : Taksi online juga memilih tidak mengambil order jika penumpangnya bawa buah durian seperti yang Grid.id kutip dari Uberpeople.net. Pengemudi mungkin nggak masalah dengan aroma durian, namun mereka khawatir penumpang bakal terganggu aroma durian yang ditinggalkan di dalam mobil.

 

Hotel

Tempat yang akan menjatuhkan denda bagi yang bawa durian adalah hotel. Tidak semua hotel menerapkannya. Jika seseorang terganggu aroma durian yang kita bawa, staf hotel akan mengingatkan tentang peraturan mereka. Pihak hotel akan meminta memindahkan durian dari tempat itu. Hanya hotel mewah yang benar2 minta biaya tambahan kebersihan jika kita kedapatan bawa durian.

 

Gedung Pertemuan-Travel Agent dan Bandara

Seperti hotel, gedung2 pertemuan juga melarang seseorang membawa Durian. Aroma Durian terlalu kuat dan sulit dihilangkan, apalagi di ruang tertutup dan ber-AC. Jadi usahakan tidak bawa buah itu di tempat umum tertutup, ber AC, dan banyak orang. Jika kita terpaksa bawa Durian, usahakan mengemas dengan baik dan benar agar aromanya tidak keluar.

 

Caranya balut buah itu di wadah kedap udara yang dilapisi plastik wrap, alumunium foil, kain basah, dan dibungkus rapat dalam kantong plastik yang bersih. (*; Penulis/Editor: Fahrisa Surya; Bahan dari : TripAdvisor,yearofthedurian.com,uberpeople.net dan http://m.tribunnews.com/travel/2018/11/07/7-tempat-umum-dengan-aturan-dilarang-membawa-durian)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close