Wisata dan Kuliner

5 Destinasi Religi Kristiani di Indonesia

(pergipergiyuk.com)- Meski Indonesia mayoritas memeluk Islam, bukan berarti tidak ada wisata religi untuk agama selain Islam. Diantaranya, umat Kristiani di Indonesia juga memiliki sejarah panjang.

 

Lokasi ini banyak dikunjungi untuk berziarah meningkatkan iman meraka. Jika ingin tahu destinasi wisata religi umat Kristen di Indonesia, yuk simak yang berikut:

 

1-Bukit Doa Pinaling-Sulawesi Utara

Sulawasi Utara banyak memiliki destinasi wisata hiburan, termasuk wisata rohani khususnya bagi umat Kristiani. Salah satu wisata rohani yang terkenal adalah Bukit Doa yang ada di Minahasa Selatan. Lokasinya masih alami dan sejuk dijamin akan meningkatkan kekhidmatan Anda dalam berdoa.

 

2-Sendangsono

Umat Kristiani di Yogya pasti mengenal dengan lokasi wisata rohani satu ini, yaitu Sendangsono yang ada di Desa Banjaroya, Kalibawang, Kulonprogo. Sendangsono sendiri berarti sumber air berasal dari pohon sono.

 

 

 

Sejarahnya, dulu Romo Van Lith membaptis ratusan umat di sumber air ini. Karena itu, tempat disakralkan sampai kini oleh umat Kristen. Lokasi ini beberapa kali dipugar dan direnovasi sehingga selain cocok untuk berwisata rohani, cocok pula untuk jalan2 bersama keluarga.

 

3-Gua Maria Lordes

Gua ini salah satu situs Kristiani terkenal di Indonesia dan terletak di Kota Kediri. Gua ini tak pernah sepi pengunjung, bahkan orang selain Kristen banyak yang mengunjungi lokasi ini, karena patung Bunda Maria yang terletak di tebing itu berdiri begitu indah.

 

 

 

Selain patung Bunda Maria, ada lokasi2 yang bisa didatangi di kompleks ini yaitu mata air 12 pancuran, yang melambangkan 12 murid Yesus.  Di mata air ini, banyak orang kristiani percaya air itu mampu memberi khasiat luar biasa. Ada pula patung2 menggambarkan bagaimana Yesus disalib di atas kayu.

 

4-Gereja Blenduk

Gereja Blenduk selain merupakan tempat bersejarah bagi umat Kristiani juga bangunan bersejarah bagi bangsa Indonesia. Gereja itu unik karena biasanya gereja memiliki genteng atau kubah kerucut. Namun, Gereja Blenduk ini berkubah melingkar mirip dengan masjid.

 

Arsitektur gereja ini berkelas, mirip gereja2 di Eropa pada abad 18-. Jangan kaget ketika gereja ini tidak digunakan beribadat banyak warga non-Kristiani mengunjungi mengagumi dan melihat-lihat arsitektur.

 

 

5-Annai Velengkani

Jika dilihat sekilas, bangunan Anna Velangkanni ini lebih mirip candi atau tempat peribadatan umat Hindu. Namun tempat ini gereja Katolik yang dibangun dengan arsitektur India. Bangunan ibadah ini berdiri pada 2001 dengan total anggaran Rp4 miliar. Dari segi pewarnaan dan hiasan, Anda dijamin tak akan menemukan yang serupa di Jawa atau Sulawesi.  (Bahan dari : http://pergipergiyuk.com/5-wisata-religi-umat-kristen-di-indonesia/)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close