Iptek dan Lingk. Hidup

Cara cek Hoaks n menggunakan Google Tools

(techno.okezone.com)-JAKARTA; Berita hoaks makin menyebar di platform2  website atau medsos. Menurut trainer dari Aliansi Jurnalis Independen (AJI), Nurfahmi Budiarto hoaks ada dua hal yakni misinformasi yaitu berita salah dianggap benar dan disinformasi, berita salah sengaja disebarkan.

 

Adapun ber-macam2 misinformasi dan disinformasi missal satire atau parodi untuk lucu2an namun berpotensi membodohi, kemudian misleading, konten aspal (asli tapi palsu), konten pabrikasi, konten tidak nyambung (judul dan berita beda), dan konten manipulatif.

 

Ada tips untuk terhindar dari berita hoaks yakni rajin verifikasi.

“Pertama verifikasi alamat situs; cek alamat situsnya. Kalau ragu riset dengan domainbigdata.com. Ada situs abal2 yang cuma beralamat blogspot,” kata dia dalam acara Google News Lab Workshop di Kantor Google, Jakarta (18/2/19).

 

Untuk memperhatikan detail visual website dengan memperhatikan logo gambar. Pasalnya saat ini ada situs2 yang meniru beberapa situs media nasional (red:mainstream).

 

Untuk cek situs yang diragukan dapat melihat iklan. “Hati2 website yang banyak iklannya. Media abal2 selalu mencari klik untuk mendapat iklan. Cari info website atau cek about us, media abal2 selalu anonim, sesuai UU Pers yang berbadan hukum harus ada penanggungjawabnya. Untuk judul sensasional atau klikbait harus melakukan perbandingan dengan media mainstream,” katanya.

 

Ada beberapa tools sederhana di Google yang dapat digunakan mengecek fakta, di antaranya Google Reserve Image Search, tools ini dapat mengklarifikasi fakta suatu foto. Seperti diketahui, belakangan ini marak beberapa oknum yang mengedit suatu foto dengan caption yang tak sesuai kejadian.

 

Tools ini dengan meng-klik images.google.com lalu upload foto mencurigakan yang telah disimpan lebih dulu di komputer. Ada juga verifikasi lokasi menggunakan Google Maps, Google Map, Google Street View, dan Google Earth. Seseorang bisa cari detail suatu tempat dari tahun ke tahun pakai fitur Google. (ahl; Pernita Hestin Untari; Bahan : https://techno.okezone.com/read/2019/02/18/207/2019770/ini-cara-cek-konten-hoaks-menggunakan-google-tools)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close