Aku cinta Indonesia

Genap 4 Tahun-Sampai Mana Proyek Kereta Cepat Jkt-Bdg

(finance.detik.com)-JAKARTA; Tak terasa, proyek kereta cepat Jakarta-Bandung telah berusia 4 tahun. Empat tahun ini terhitung sejak berdirinya badan usaha PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) pada 16/10/2015.

Seperti MRT Jakarta yang punya maskot bernama Marti, PT KCIC juga memperkenalkan maskot baru di usianya yang 4 tahun bernama Heiser. Heiser digambarkan sebagai remaja laki-laki cerdas penuh semangat yang akan menemani menjelajahi lebih jauh tentang Kereta Cepat Jakarta Bandung.

Mengutip data KCIC, Rabu (16/10/2019), proyek dengan panjang lintasan 143 km ini telah menuntaskan pengerjaan fisik sebesar 34,89%, dengan luas lahan yang sudah dibebaskan mencapai 99,04%. Progres tersebut dicapai sejak dilakukan groundbreaking pada awal Januari 2016 lalu.

 

Pembangunan proyek KCIC dimulai masif sejak kuartal ke 3/2018. Sejumlah milestone pembangunan sudah tercapai di antaranya tunnel Walini yang berhasil ditembus (pertengahan Mei 2019), peletakan girder pertama di Casting Yard terbesar kereta cepat, dan tersambungnya continuous beam kereta cepat pada akhir September 2019.

Tunnel Boring Machine (TBM) atau mesin bor terowongan juga berhasil didatangkan dari China pada akhir Januari 2019 lalu untuk melancarkan proses konstruksi terowongan di kawasan Halim dan Jatiwaringin yang padat aktivitas penduduk. Proyek ini diharapkan rampung pada 2021.

Adapun proses pembebasan lahan direncanakan tuntas sebelum akhir-2019. Menjelang peralihan kuartal ke 3 ke kuartal ke 4 2019, perusahaan sudah melakukan perekrutan bekerja sama dengan STTD dan PPI Madiun di bawah Kementerian Perhubungan.

 

(eds/eds; Eduardo Simorangkir; Bahan dari : https://finance.detik.com/infrastruktur/d-4747929/genap-4-tahun-sudah-sampai-mana-proyek-kereta-cepat-jkt-bdg)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.




Enter Captcha Here :

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
Close
Close