Islam

Masjid Digital Di Wonosobo Arahkan Anak Pakai Internet Sehat

(news.detik.com)-WONOSOBO; Masjid Al-Anwar Desa Gondang, Kecamatan Watumalang, Wonosobo,  tak pernah sepi. Hampir tiap hari, anak-anak di daerah itu menghabiskan waktunya di masjid usai pulang sekolah.

Sebagian anak memanfaatkan halaman masjid yang luas sebagai arena main kbola. Sebagian bermain smartphone di halaman masjid yang dibangun 2008 itu. Takmir masjid Al-Anwar Gondang berusaha mendekatkan anak ke tempat ibadah dan dilaunching sebagai masjid digital pada April 2019, terbukti jadi magnet baru bagi anak.

 

Ketua Takmir Masjid Al-Anwar Desa Gondang, Ahmad Riyanto, mengatakan sejak jadi masjid digital jumlah jemaah meningkat terutama anak-anak. Jika biasanya hanya ditemui 4-5 jemaah anak, kini bisa sampai 23 jemaah anak.

“Sekarang masjid ini memiliki internet gratis. Jadi saya rasa ini salah satu daya tarik bagi anak-anak untuk ke masjid,” tuturnya saat ditemui di masjid Al-Anwar (15/8/2019).

 

Takmir masjid memanfaatkan internet gratis untuk memancing anak supaya dekat dengan masjid. Selain itu, untuk memudahkan orang tua saat mencari buah hatinya.

“Sekarang orang tua kalau mau mencari anaknya ya ke masjid. Tapi aturannya 5 menit sebelum azan, internet dimatikan. Otomatis anak ikut salat berjemaah, baru bermain lagi. Karena kemajuan teknologi terutama internet ini tidak bisa dilawan, kita harus pintar mengarahkan ke hal positif,” ujarnya.

 

Masjid yang hanya bisa menampung 80an jemaah ini juga digunakan untuk madrasah diniyah usai salat magrib. Uniknya, pihak takmir memasang fingerprint bagi anak-anak madrasah diniyah. Tujuannya agar anak lebih rajin mengaji di masjid.

“Jadi harapan kita, masjid ini benar-benar jadi pusat kegiatan warga. Selain untuk madrasah diniyah, juga ada kelas sinemotografi bagi remaja di sini. Kelas ini dilakukan satu minggu sekali,” terangnya.

 

Selain itu, kajian dan semua kegiatan di masjid Al-Anwar ini dikemas dalam format digital. Hanya, Ahmad tidak memungkiri ada sejumlah harapan yang sampai saat ini belum terwujud.

“Saya ingin kran air wudu ini ada sensor otomatis biar lebih hemat air. Atau sensor otomatis di tempat sampah. Jadi kalau didekati tutup tempat sampah buka sendiri. Ini jadi target ke depan untuk segera diwujudkan,” ujarnya.

 

(mbr; mbr; Uje Hartono;  Bahan dari : https://news.detik.com/berita-jawa-tengah/d-4666073/ada-masjid-digital-di-wonosobo-arahkan-anak-gunakan-internet-sehat?tag_from=news_beritaTerkait)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close