Kesehatan

Yang Mempengaruhi Berat Badan Selain Porsi Makan

(1health.id)-Bertubuh ideal itu dambaan tiap orang. Untuk mewujudkannya, banyak yang ber-diet. Bagi orang yang melakukan diet, porsi makan sering jadi satu-satunya fokus perhatian. Padahal berat badan Anda, tidak hanya dipengaruhi oleh porsi makanan saja.

 

Ada banyak hal lainnya yang harus Anda perhatikan untuk mendapatkan berat badan ideal. Beberapa faktor lain yang dapat memengaruhi berat badan Anda adalah:

 

1-Jenis makanan

Pilih jenis makanan lebih sehat. Anda bisa pilih nasi merah dibanding nasi putih. Nasi merah merupakan jenis karbohidrat kompleks tinggi serat. Serat ini membuat Anda kenyang lebih lama, sehingga Anda tidak ergoda melahap camilan setelah makan. Selain itu Anda dapat memilih lauk pauk lebih sehat seperti dada ayam, ikan, sayur-sayuran, serta buah-buahan.

 

2-Cara memasak

Cara memasak penting diperhatikan. Menggoreng bisa menambah asupan lemak ke tubuh. Apalagi bila Anda menggoreng sampai makanan terendam dalam minyak yang sudah dipakai berkali-kali. Sebaiknya mulailah mengurangi makanan yang digoreng.

 

Memasak dengan cara menumis, mengukus, atau merebus, itu lebih sehat. Namun pastikan juga durasi saat merebus. Beberapa zat gizi dalam makanan tertentu bisa hilang, bila direbus lama.

 

3-Aktivitas fisik

Saat memilih jenis makanan, membatasi porsi, dan memasak dengan tepat, Anda harus memaksimalkan program diet dengan aktivitas fisik. Ber-OR minimal 150 menit seminggu, terbukti menurunkan berat badan. Selain OR, Anda bisa beraktivitas fisik lain, seperti jalan kaki saat hendak makan siang, atau naik turun tangga saat di kantor.

 

Dengan memerhatikan tiga hal itu, maka Anda akan lebih mudah untuk mendapatkan berat badan yang Anda inginkan. Namun, Anda dilakukan konsisten. Usaha yang dilakukan dengan konsisten, akan memberikan hasil yang maksimal.

(Article By Rianti Fajar; Bahan dari : https://www.1health.id/id/article/category/diet-dan-nutrisi/ini-faktor-yang-memengaruhi-berat-badan-selain-porsi-makan.html)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close