Kesehatan

8 Kesalahan Tanpa Disadari Kerap Dilakukan Ketika Berolahraga

 (merdeka.com)- Banyak yang tidak memperoleh hasil sesuai yang diharapkan ketika berolahraga. Hal ini berasal dari sedikit kesalahan yang mereka lakukan tanpa disadari.

 

Kadang seseorang sudah menerapkan sejumlah hal sebaik mungkin saat ber-OR. Namun kenyataannya tidak ada hasil positif yang diperoleh. Sejumlah kebiasaan yang Anda miliki bisa menjadikan OR yang dilakukan tidak memperoleh hasil optimal. Bahkan malah mengalami cedera dan hanya memperoleh rasa lelah saja.

 

Kesalahan ketika berolahraga ini bisa cukup umum Anda lakukan tanpa disadari. Dilansir dari The Health Site, berikut sejumlah kesalahan yang membuat olahraga yang kamu lakukan jadi tidak optimal.

 

Kurang fokus

Ketika ber-OR terutama di gym, sebaiknya memfokuskan diri sepenuhnya pada yang dilakukan. Membaca buku sambil berolahraga terlihat seperti hal yang efektif dan menghemat waktu, namu hal ini justru malah membuatmu kurang optimal dalam menjalani olahraga.

 

Rutinitas Olahraga yang sama terus menerus

Melakukan OR yang sama secara terus-menerus bisa malah jadi kontraproduktif. Melakukan OR yang sama bisa membuat tubuh terlalu terbiasa dan tidak bisa membangun kekuatan dan meningkatkan fleksibilitas.

 

Tidak ada tujuan yang jelas

Ketika ber-OR, seseorang sebaiknya punya tujuan yang jelas baik pada jangka pendek maupun panjang. Hal ini bisa membuat Anda terus termotivasi dan bersemangat untuk memperoleh hasil maksimal.

 

Membandingkan diri sendiri dengan orang lain

Setiap orang memiliki tujuan berbeda dalam ber-OR. Karena itu, penting untuk memahami kemampuan dan keterampilan tubuh yang berbeda dari masing-masing orang. Sebaiknya fokus pada diri sendiri dan berolahraga sesuai kemampuan.

 

Kurang minum

Banyak orang kurang minum ketika berolahraga dan menunggu ketika merasa haus. Hal ini bisa meningkatkan risiko dehidrasi yang melemahkan pemulihan otot dan membuatmu malas berolahraga.

 

Terlalu banyak berolahraga Kardio

Walau OR kardio mudah dilakukan dan tepat untuk menurunkan berat badan, namun berlebihan melakukannya bisa berdampak buruk untuk tubuh. Seiring tambah usia, otot dan tulang yang kurang olahraga bisa menua dan memperlambat kerja tubuh.

 

Makan secara tidak tepat sebelum berolahraga

Mengonsumsi makanan yang tak tepat sebelum berolahraga atau tidak makan bisa membuat olahraga yang dilakukan jadi tak efektif. Disarankan mengonsumsi karbohidrat dan protein sehat sebelum ber-OR untuk memperoleh energi saat berolahraga.

 

Kurang melakukan pemulihan diri

Usai berolahraga, tubuh butuh beristirahat untuk memulihkan diri dan memperbaiki otot setelah olahraga. Memulihkan diri selama satu hari bisa menghindari burnout dan cedera yang bisa muncul. Hal ini juga bisa membuatmu meningkatkan ketahanan dan memaksimalkan performa jangka panjang.

 

Berbagai hal itu umum dilakukan dan membuat OR yang Anda lakukan jadi kurang optimal. Sebaiknya segera hentikan sejumlah kebiasaan buruk tersebut untuk mendapat hasil olahraga yang lebih maksimal.

 

(RWP; Rizky Wahyu Permana; Bahan dari : https://www.merdeka.com/sehat/8-kesalahan-yang-tanpa-disadari-kerap-kamu-lakukan-ketika-berolahraga.html)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*

code

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
Close
Close