Kesehatan

Selain Corona Berikut 10 Wabah Virus Yang Menggegerkan Dunia(1/3)

(international.sindonews.com)-WABAH Virus  CORONA merebak akhir-akhir ini. Sejarah mencatat ada beberapa wabah virus mematikan yang pernah menghebohkan dunia. Wabah ini menelan korban hingga jutaan orang.

 

1-HIV/AIDS

Virus ini adalah salah satu yang paling mematikan di zaman modern. Sejak pertama kali dikenali tahun 1980-an, lebih dari 35 juta orang meninggal karena terinfeksi virus ini.

 

HIV menyerang sistem kekebalan tubuh, dan melemahkan pertahanan terhadap infeksi dan sejumlah tipe kanker. Tahap selanjutnya dari virus HIV aadalah penyakit AIDS yang menyerang kekebalan tubuh seseorang.

 

2-SARS

SARS (severe acute respiratory syndrome) merupakan sindrom pernapasan akut parah. Penyebaran virus ini sempat memicu kepanikan dunia. Beberapa kota yang terjangkit saat itu menurut catatan WHO adalah Beijing, Guangdong, Shanxi, dan Hongkong (China), Taipei (Taiwan), Hanoi (Vietnam), Toronto (Kanada), dan Singapura.

 

Kasus pertama SARS ditemukan di Kota Guangdong, China pada November 2002. Penyakit mirip flu itu menewaskan 349 orang di daratan China dan sejumlah 774 orang di seluruh dunia.

 

Lebih dari 8.000 orang terinfeksi. Gejalan SARS dimulai dari demam, suhu badan mencapai 38 derajat celsius, batuk-batuk kering, sesak napas, dan pernah kontak dengan penderita dari negara yang ada kasus SARS.

 

3-Flu Babi

Kasus virus flu babi ditemukan di Meksiko, Amerika Serikat (AS), Selandia Baru, Israel, dan Prancis. Pada 26 April 2009, Asia memasuki siaga satu flu babi. Beberapa langkah diambil pemerintah. Jepang memperketat pemeriksaan penumpang dari Meksiko yang turun di bandara internasional. Korea Selatan, China, dan Taiwan juga melakukan kebijakan yang sama.

 

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyatakan pandemi influenza A-H1N1 (flu babi) bergerak ke seluruh penjuru dunia dengan kecepatan luar biasa atau di luar perkiraan. Flu babi juga masuk ke Indonesia melalui wisatawan yang pergi ke daerah-daerah terjangkit penyakit tersebut.

 

(Poe; Wahyono; Bahan dari : https://international.sindonews.com/read/1518898/45/selain-corona-inilah-10-wabah-virus-yang-menggegerkan-dunia-1580982305)-FatchurR * Bersambung……..

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close