Opini dan sukses bisnis

Berbisnis Bukan Hanya Cari Untung(4/4)

(beritasatu.com)- 7-Apa yang disuarakan?

Pertama, tentu saja menyampaikan bahwa keterlibatan pemerintah dalam pembangunan rumah murah bagi rakyat kecil adalah penting. Sebab, penyediaan perumahan ini amanat Undang-Undang Dasar (UUD) 1945, sehingga negara wajib memenuhi hal itu.

 

Apersi sebagai organisasi pengembang perumahan masyarakat berpenghasilan kecil mendesak pemerintah agar memberikan subsidi, sehingga harga rumah bisa terjangkau oleh rakyat banyak.

 

Kemudian, bagi rumah rakyat ini, suku bunga yang diberikan jangan disamakan dengan harga rumah yang komersial. Kalau menggunakan suku bunga rumah komersial, jatuhnya menjadi mahal. Rakyat kecil seperti tukang bakso dan tukang cukur rambut tentu tidak bisa mendapatkan rumah.

 

8-Pemerintah dan Perbankan harus member pembiayaan yang lebih terjangkau?

Kami setuju seperti itu. Kenapa? Supaya masyarakat bisa menikmatinya. Apa tidak kasihan kepada banyak pedagang atau pekerja yang tidak memiliki rumah karena kemampuan mereka terbatas?

 

Kami ini hanya membantu pemerintah dalam menyediakan rumah murah bagi masyarakat. Hal itu tentu harus dibantu oleh pemerintah dan kalangan perbankan.

 

Kami minta pemerintah jangan terlalu menerapkan banyak aturan yang membuat pengembang sulit melaksanakannya. Misalnya aturan soal Sistem Informasi KPR Subsidi Perumahan (Sikasep) dan Sistem Informasi Kumpulan Pengembang (Sikumbang) yang diluncurkan Kempupera pada Desember 2019. Itu mubazir dan ternyata justru menyusahkan pelaku usaha. Saya usul, aturan ini ditinjau ulang.

 

Lalu, dana subsidi juga harus jelas, supaya kami dapat kepastian dalam berbisnis. Apalagi banyak masyarakat yang tidak bankable dan selalu gagal dalam seleksi sebagai debitur dalam kredit pemilikan rumah (KPR). Ini yang harus diperhatikan.

 

9-Dukungan keluarga terhadap bisnis Anda?

Tentu keluarga sangat mendukung kegiatan saya. Mereka tahu membangun rumah adalah tugas berat. Keluarga selalu support, baik anak-anak maupun istri, meskipun sejak sibuk di Apersi saya jarang liburan bersama keluarga.

 

(Imam Muzakir; Bahan dari : Investor Daily dan https://www.beritasatu.com/anselmus-bata/figur/614783/berbisnis-bukan-sekadar-mencari-untung)-FatchurR *  Tamat……

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*

code

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
Close
Close