Wisata dan Kuliner

Daftar Minuman Tradisional Daerah Yang Favorit

(traveling.bisnis.com)-JAKARTA; Anugerah Pesona Indonesia(API) 2020 digelar kali ke-5 tahun ini. Selain mengompetisikan destinasi wisata, ajang ini menampilkan kontes kuliner khas Nusantara, termasuk minumah tradisional dari daerah.

 

API dimulai mengajak pejalan serta wisatawan, dan masyarakat memilih destinasi atau obyek hingga kuliner terfavorit menurut mereka. Pemilihannya dengan memberi suara (voting) bagi destinasi atau obyek wisata yang dipilih melalui media channel Vote API (SMS, Aplikasi Android, Youtube) berdasarkan kategori dan nominasi yang lolos tahap proses seleksi dan penjurian oleh komite seleksi.

 

Seperti dikutip dari anugerahpesonaindonesia.com, berikut ini daftar nominee untuk kategori Minuman Tradisional Terpopuler berdasarkan versi Anugerah Pesona Indonesia 2020 :

 

1-Aek Sappang

Ini minuman khas Melayu Kalbar berasal dari Kabupaten Sambas. Minuman dari bahan alami berupa batang pohon sappang yang di rebus hingga air nya kemerahan ini, diyakini berkhasiat untuk kesehatan dan menghangatkan tubuh serta  melancarkan pencernaan. Aek Sappang biasa di hidangkan untuk tamu dari luar yang bersilaturahmi ke rumah masyarakat Melayu Sambas,

 

2-Air Kembang Semangkok

Minuman tradisional Anambas ini, khusus daerah Jemaja, hanya disajikan pada hari dan waktu tertentu. Cara penyajian dengan merendam buah kepahiang hingga mengembang lalu dicampur santan atau susu kental manis serta gula pasir, gula merah dan air. Selanjutnya diaduk  rata sampai siap dinikmati.

 

3-Air Mata Bejando

Minuman ini asal dari Pelalawan. Air Mata Bejando ini minuman tradisional yang mencerminkan tradisi dan budaya melayu. Selain unik, minuman segar ini cocok dengan kondisi geografis dan cuaca yang panas sehingga bernilai kelekatan sebagai kuliner khas, tidak hanya di Pelalawan tetapi juga di Riau.

 

4-Amplang Dadiah

Ampiang berarti Emping Ketan, Dadiah yoghurt dari susu kerbau yang difermentasikan alami di tabung bambu. Ampiang dadiah itu minuman es segar dengan citarasa asam manis. Penyajian dimulai dengan sendokan dadiah ditumpuk ke atas emping ketan, ditambah serutan es batu. Terakhir disiram sirop gula aren dan ditaburi kelapa. Ampiang Dadiah Bukittinggi terkenal di kawasan Pasa Ateh Bukittinggi.

 

5-Bandrek

Bandrék, minuman tradisional Sunda Jabar, untuk meningkatkan kehangatan tubuh. Dihidangkan pada cuaca dingin, seperti di kala hujan atau malam hari. Bahan dasar bandrek adalah jahe dan gula merah, tapi di daerah tertentu biasanya menambah rempah untuk memperkuat efek hangatnya

 

6-Dawet Ayu

Dawet Ayu Banjarnegara adalah minuman yang terkenal, hingga mancanegara. Dawet Ayu tidak dapat di pisahkan dengan Banjarnegara karena jadi icon Banjarnegara serta masyarakatnya. Terbuat dari Tepung Beras, Tepung Tapioka, Pandan, Santan Kelapa, Air, dan Gula Merah. Dawet Ayu biasanya di beri Es dan juga buah seperti Durian atau Nangka

 

7-Kopi Semendo

Anda pecinta kopi Nusantara? Pernah dengar kopi Semendo asal Sumatra Selatan ini? Kopi paduan rasa rempah ini menjadikan Semendo memiliki ciri khas tersendiri yang pantas untuk dicoba.

 

8-Sirup Henggi

Henggi (Bahasa Kabupaten Fakfak) artinya Pala. Jenis pala yang mayoritas tumbuh di Fakfak pala jenis Myristica Argentea Warb yang disebut sebagai Pala Negri, dan jenis  ini hanya tumbuh di Kabupaten Fakfak. Sirup henggi di konsumsi dengan mencampur sirup dengan air, di nikmati campur es batu atau tanpa es batu, untuk melepaskan dahaga, badan hangat dan membuat tidur semakin berkualitas

 

9-Sirup Kayu Manis

Ini sirup dari kayu manis asli Kerinci jenis rempah-rempah sebagai bahan pemberi aroma dan citarasa dalam makanan dan minuman sebagai bahan aditif pada pembuatan parfum, obat-obatan serta dapat diolah jadi anti mikroba. Konon, minuman ini  berkhasiat mencegah masuk angin, menghilangkan pegal, dan rematik. Yang pasti mujarab menghangatkan tubuh.

 

10-Teh  Gambir

Teh Gambir minuman asli Kab Pakpak Bharat. Khasiat teh daun gambir,  mengobati maag, me­lan­carkan pencernaan sehingga bagus bagi yang men­­jalankan diet, menetralisir kadar gula hingga menu­runkan ri­siko dia­betes, dan pe­nyakit kan­ker, dapat me­netralkan ni­kotin sehingga dianjurkan di­konsumsi para perokok  Itulah sederet minuman tradisional yang populer di Nusantara. Sudah pernah mencicipi?

 

(Reporter dan Editor : Fatkhul Maskur; Bahan dari : https://traveling.bisnis.com/read/20201108/223/1314929/daftar-minuman-tradisional-daerah-favorit-sudah-mencicipi)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close