Wisata dan Kuliner

Masjid Unik Cocok Untuk Wisata Religi

(beritasatu.com)-JAKARTA; Wisata Religi populer dan selalu menarik massa. Terlebih, potensinya besar untuk dikembangkan. Destinasi yang dapat dikunjungi pelancong wisata religi di bulan Ramadhan ini bangunan masjid berarsitektur menarik. Apalagi, di Indonesia banyak bangunan masjid unik.

Berikut, tujuh bangunan masjid unik yang bisa dijadikan sebagai inspirasi dalam wishlist wisata religi, ketika berkunjung di masa liburan mendatang.

1-Masjid Menara Kudus

Masjid Menara Kudus (Masjid Al-Aqsha) ini unik karena fisik gedung ini beda dengan gaya desain masjid umumnya. Arsitektur bergaya Hindu kuno yang sarat sejarah. Berdiri sejak zaman Majapahit, bangunan ini berubah jadi masjid ketika Sunan Kudus datang dan menyebarkan agama Islam di tempat ini. Masjid ini pilihan tepat untuk liburan dekat rumah yang layak dikunjungi.

2-Masjid Cheng Ho

Nama Laksamana Cheng Ho dikenal dalam sejarah sebagai laksamana muslim taat dan murah hati. Salah satu memorial beliau adalah Masjid Cheng Ho di Surabaya. Unik karena arsitekturnya kental bergaya Tiongkok, sekilas bangunan ini tak terlihat seperti masjid umumnya. Bagi pendatang, masjid ini sering jadi spot destinasi wisata ketika musim liburan tiba karena keunikan arsitektur yang menyerupai kelenteng.

3-Masjid Kapal Semarang

Berlokasi di Kyai Padak, Ngaliyan, masjid bernama Safinatun Najah ini bentuknya serupa kapal. Arsitektur unik dan kaya filosofi menjadikan masjid ini disebut Masjid Kapal Bahtera Nabi Nuh. Dikelilingi oleh kolam air, sehingga bangunan masjid seolah mengambang di atas air. Kolam air juga berfungsi membersihkan kaki jemaah sebelum masuk untuk beribadah.

4-Masjid Raya Sumatra Barat

Masjid yang dibangun pada 4/1/2019 ini kental bentuk arsitektur dan corak kultur tradisional Minang. Terlihat dari bentuk dan lekukan khas Minang, terutama atap yang melengkung khas Sumbar tanpa kubah yang menjadikan banyak pelancong jauh-jauh ke Padang untuk mengabadikan momen di masjid ini.

5-Masjid Tiban

Terletak di Turen, Malang, masjid ini mengalahkan masjid lain karena tingginya bangunan. Di Masjid Tiban ada 10 lantai, dan lantai 1 jadi tempat istirahat dan ruang musala, lantai 2 berisi loket, ruang istirahat, ruang makan, dan dapur, lantai 3 berisi musala, akuarium, dan kebun binatang mini. Tampak depan masjid ini didominasi warna biru dan putih.

Tampak megah dengan kerucut atap serupa mahkota runcing warna biru langit. Karena masjid ini di lokasi Pondok Pesantren Salafiyah Bihaaru Bahri’asali Fadlaailir Rahmah, pengelola minta kepada pengunjung untuk mengenakan pakaian sopan di area ini dan menjaga kebersihan.

6-Masjid Al Irsyad Satya Kota Baru Parahyangan

Berlokasi di Padalarang, Jabar, masjid ini terpilih sebagai salah satu 5 bangunan terbaik dunia dalam Penghargaan “The Best 5 World Building of The Year 2011 kategori Bangunan Religi, versi Archdaily & Green Leadership Award tahun 2011” dari BCI Asia.

Bangunan masjid ini berbentuk kubus dengan lanskap garis-garis melingkar mengelilingi masjid sebagai representasi dari tawaf ketika mengelilingi Ka’bah. Pengunjung dapat menemukan kaligrafi tiga dimensi yang bertuliskan dua kalimat syahadat.

7-Masjid Agung Semarang

Berada di Gayamsari, Semarang, Masjid yang dikenal juga sebagai Masjid Agung Jateng ini berarsitektur unik dan termegah di Indonesia. Keunikan kompleks masjid ini memiliki payung seperti Masjid Nabawi di Mekkah. Bergaya arsitektur perpaduan Arab, Jawa, dan Barat ini selain sebagai tempat ibadah, juga jadi objek wisata terpadu untuk pendidikan, agama, sekaligus pusat syair Islam.

(Feriawan Hidayat/Feri Awan Hidayat; Bahan  dari :  BeritaSatu.com dan https://www.beritasatu.com/ramadansatu/feri-awan-hidayat/ramadan/763707/7-masjid-unik-yang-cocok-untuk-wisata-religi )-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close