Wisata dan Kuliner

Sawahlunto Akan Disulap Jadi Kota Pariwisata

(travel.okezone.com)-PASCA ditetapkan UNESCO sebagai warisan budaya dunia, Tambang Batu Bara Ombilin jadi destinasi wisata sejarah unggulan di Sawahlunto. Guna meningkatkan perekonomian, Menparekraf, Sandiaga akan mengubah Kota Sawahlunto dari kota tambang jadi kota pariwisata.

“Kita lihat dengan kagum kota warisan dunia dan kami dijamu dengan produk ekonomi kreatif terbaik dari Kota Sawahlunto, yaitu dendeng batokok dan musik keroncong serta produk heritage, yaitu museum gudang ransum,” ungkap Sandiaga Uno di Lubang Mbah Soero, Kawasan Ombilin, belum lama ini. “Kita lihat Lubang Mbah Soero daya tarik wisata, bagian dari Ombilin-coal mining heritage,” tambahnya.

 

Area A ditetapkan UNESCO sebagai warisan dunia, jadi daya tarik wisata. Karena itu, dia titip pesan kepada Wali Kota Sawahlunto, Deri Asta mengembangkan pariwisata berbasis sejarah dari segi keberlanjutan serta peningkatan sumber daya manusia. “Proposal tadi sudah disampaikan untuk disinergikan dan kita kolaborasikan.

Saya pikir ke Pak Andre Rosiade berkoordinasi Kemen-BUMN agar PT BA (Bukit Asam) mendukung penuh transformasi Sawahlunto dari kota tambang jadi pariwisata sejarah dan budaya,” tuturnya. “Dan kami konkret menyatakan Sawahlunto ini unggulan,” ujarnya. Ada catatan, di antaranya jalannya cukup sempit dan berlubang, sehingga menyulitkan mobilisasi masyarakat.

“Saya akan koordinasikan bersama Pak Andre ke Kemen-PUPR, mohon Pak Wali ikut dalam koordinasi yang saya minta Pak Andre bisa berikan satu penekanan khusus,” kata dia.

Dari jaringan internet harus ada perbaikan, khususnya area luar Sawahlunto. “Saya akan beri masukan ke Kemenkominfo memperbaiki jaringannya, sehingga jadi daya tarik wisata. Karena banyak spotnya  instagramable, dan untuk membuat konten yang baik,” ucap Sandiaga.

Terkait promosi, akan menggunakan strategi sosmed sesuai target dan segmentasi sasaran. Satu di antaranya memasarkan destinasi wisata Ombilin kepada anggota keluarga yang pernah bersinggungan dengan Sawahlunto 100 tahun lebih yang lalu.

“Dengan begitu kita bisa bangkitkan rasa keingintahuan mereka, itu strategi inovasi yang dimungkinkan dengan pendekatan big data. Jadi kami akan langsung cepat bergerak untuk memetakan pola promosi dari Sawahlunto ini menjadi sebagai kota berbasis wisata dunia,” tutupnya.

(put; Bahan dari : MNC Portal dan https://travel.okezone.com/read/2021/04/24/406/2400094/sandiaga-uno-akan-sulap-sawahlunto-jadi-kota-pariwisata-jalan-rusak-ikut-disorot)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close