Iptek dan Lingk. Hidup

Awas Ini Tanda Ponsel Anda Dibajak

(cnbcindonesia.com)-JAKARTA; WhatsApp jadi aplikasi yang sering digunakan banyak masyarakat dunia. Namun hal itu diikuti bahaya yang mengintai bagi penggunanya.

Pengguna WA punya potensi akunnya dibajak atau disadap oleh orang tidak bertanggung jawab. Namun pengguna bisa mengenali jika akunnya kena sadap. Berikut ciri-ciri akun WhastApp terkena sadap atau dibajak, berdasarkan media sosial Siber Polri:

1-Keluar sendiri dari Akum WA

Hingga saat ini, satu akun WA belum bisa digunakan lebih dari satu perangkat bersamaan. Jadi bila akun Anda keluar secara otomatis, ini bisa jadi pertanda kena bajak.

Saat akun digunakan perangkat lain, WA mengirimkan kode One Time Password atau OTP pada nomor terdaftar. Jika ada kode itu dan akun itu keluar dari aplikasi kemungkinan no. ponsel sudah dikloning.

2-Pesan tiba tiba telah terbaca

Jika pesan yang belum terbaca namun terlihat sudah terbaca, kemungkinan WA kena kloning.Tanda dua centang biru yang menjadi tanda pesan terbaca bisa diatur agar tidak terlihat. Namun bila diaktifkan maka tidak bisa terlihat pesan sudah terbaca atau belum.

3-Mengirim pesan yang tidak dikirimkan

Jika ada pesan yang tidak pernah Anda kirimkan, maka bisa jadi WhatsApp kena retas.

4-Online padahal tidak

WA memiliki tanda Online untuk melihat apakah pengguna sedang membuka aplikasi. Namun jadi masalah jika muncul tanda itu saat pengguna tidak membuka WhatsApp sama sekali.

5-Log perangkat tidak dikenal

Tanda itu bisa terlihat di versi Web. Jika ada perangkat yang tidak dikenal masuk ke dalam akun, segera tutup aksesnya.

Cara mencegahnya

Salah satu modus untuk membajak akun WhatsApp adalah dengan mengambil OTP pada korbannya. OTP berisi 6 digit nomor yang dikirimkan melalui SMS.

OTP ini akan menjadi pintu akses masuk ke akun WhatsApp. Jadi bila ada pihak lain yang meminta kode itu sebaiknya jangan diberikan dan abaikan saja.

Siber Polri mendorong pengguna WA mengaktifkan fitur two step verification. Saat pelaku akan mengakses akun akan kesulitan sebab tidak tahu PIN di fitur itu. Jika belum mengaktifkan two step verification, berikut caranya:

  1. Klik tiga ikon yang ada di pojok kanan atas di aplikasi WhastApp.
    2. Masuk ke menu Settings.
    3. Lalu menuju ke pengaturan account.
    4. Pilih two step verification.
    5. Akan ada minta mengaktifkan fitur dnegan menggunakan PIN. Klik enable yang ada di bagian bawah.
  2. Buat PIN, masukkan 6 digit angka sesuai keinginan.
    7. Selanjutnya WhatsApp akan meminta memasukkan alamat email yang terintegrasi dengan akun. Ini berguna saat nanti kamu ingin mengganti PIN two step verification.
    8. Two step verification sudah berhasil aktif.

(tas/tas; Novina Putri Bestari;  Bahan dari : https://www.cnbcindonesia.com/tech/20210612174527-37-252640/kalau-ketemu-5-ciri-ini-awas-tandanya-ponsel-kamu-dibajak)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close