Obrolan Santai

Destinasi Keren di Sekitar Semarang

Sebagai ibukota Provinsi Jawa Tengah, Semarang punya beragam destinasi wisata. Akan tetapi, jika Anda menetap lebih lama di Semarang, maka wajib untuk berkunjung ke destinasi di sekitarnya. Dari museum bersejarah hingga pulau cantik. Berikut 5 destinasi keren di sekitar Semarang:

1. Karimunjawa, Jepara
Terletak di lepas pantai Kota Jepara, kepulauan ini tempat favoritnya remaja. Dari Semarang, Anda harus memulai perjalanan dari Pelabuhan Tanjung Mas dan menyeberang ke Karimunjawa dengan kapal cepat KMC Kartini. Dengan biaya Rp 150.000-200.000, perjalanannya lebih dari 3 jam untuk tiba di sana.
Karimunjawa memiliki banyak pulau cantik, seperti P. Cemara Besar dengan pasir putih yang lembut di garis pantainya dan memiliki gradasi lautan biru, P. Menjangan Besar dengan penangkaran hiu yang terkenal, P. Tengah yang terdapat Pulau Gosong Tengah yang unik, berupa daratan kecil berpasir putih, dan masih banyak lagi.
Snorkeling, diving, atau bermain-main di pantai-pantainya menjadi kegiatan utama di sini. Masih belum puas? Sunset di Tanjung Gelam akan menutup hari Anda dengan sempurna di Karimunjawa.

2. Masjid Agung Demak, Demak
Masjid Agung ini salah satu masjid tertua di Indonesia. Masjid ini tak lepas dari peranan Wali Songo dalam menyebarkan ajaran agama Islam. Masjid Agung Demak berjarak sekitar 26 km dari Semarang. Perjalanan melalui jalur darat memakan waktu sekitar 1 jam lebih dari Semarang, tidak jauh.
Masjid ini terletak di Jl Sultan Fatah No 57, Demak sebagai saksi berkembangnya ajaran Islam di Indonesia. Di sinilah, para Wali Songo berkumpul dan membahas cara penyebaran agama Islam. Anda akan mendapatkan informasi tentang Wali Songo yang lengkap di sini.

Bentuk bangunan Masjid Agung unik dan berbeda dengan masjid umumnya. Masjid ini beratap limas susun tiga yang mirip rumah Joglo. Atap tiga tingkat ini bermakna :  Iman, ihsan, dan Islam. Dengan didominasi material kayu, Anda merasakan kesejukan dan ketenangan hati saat datang ke masjid ini.

3. Museum Kereta Api Ambarawa, Ambarawa
Museum KA Ambarawa adalah ‘mesin waktu’ untuk kembali ke masa lalu. Museun ini aslinya stasiun yang digunakan Belanda dan Stasiun ini telah berdiri sejak tahun 1873. Terletak di Jl Stasiun Ambarawa No 1, Ambarawa, Jawa Tengah. Dari Semarang, Anda dapat naik mobil sekitar 1 jam.
Di dalam museum terdapat banyak koleksi antik, seperti aneka lokomotif tua dan peralatan stasiun kereta. Semua itu asli peninggalan kolonial. Ada penjelasan tentang sejarah museum di dindingnya. Perhatikan juga jadwal kereta uap yang terkadang dioperasikan. Siap-siap kembali ke masa lalu!

4. Museum Kretek Kudus, Kudus
Ada satu museum di Kudus yang wajib didatangi oleh pecinta produk asli Indonesia, yaitu Museum kretek Kudus. Museum ini menampilkan sejarah pembuatan rokok kretek dan dioramanya. Ada sejarah panjang tentang rokok kretek asli Indonesia di sini.
Museum ini terletak di Desa Getas Pejaten, Kecamatan Jati Kudus, Kabupaten Kudus. Dari Kota Semarang, perjalanan ke museum ini memerlukan sekitar 2 jam. Museum ini letaknya tidak jauh dari jalan utama perbatasan Kudus dan Demak. Museum ini pun sudah ada sejak tahun 1986.
Museum ini luasnya +/- 2 hektar. Banyak koleksi alat produksi rokok kretek di dalam museum : Alat giling cengkeh, mesin giling tembakau, alat perajang tembakau, danh banyak lagi. Juga ada diorama pembuatan rokok kretek dan pemasaran/penjualan rokok. Kita bisa melihat proses pengumpulan tembakau, proses penghancuran, pemadatan dan penggilingan.

Bagi Anda yang ingin jalan-jalan ke sekitar Semarang, empat tempat tersebut wajib untuk didatangi. Siapkan kamera, dijamin Anda akan terpukau saat berkunjung ke tempat-tempat tersebut. Selamat traveling! (GWAP; detiktravel)

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*

code

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close