Iptek dan Lingk. Hidup

Bandara Modern berteknologi Scan wajah dan Robot

Jakarta-Era baru memasuki layanan bandar udara (bandara) dunia. Tak hanya berlomba memberi fasilitas terbaik, juga penggunaan teknologi mutakhir meningkatkan pelayanan dan keamanan di bandara.

Dilansir Phys, (27/8/17), penumpang tak perlu repot registrasi dan rangkaian pemeriksaan, cukup sekali scan wajah mereka langsung check-in. Juga bagasi, robot2lah yang menyortir barang2 penumpang.  Changi, Singapura, bandara terbaik di dunia menyatakan siap meluncurkan teknologi biometrik di terminal baru yang akan dibuka akhir 2017.

Tiap penumpang dipindai wajah saat pertama check-in dan memungkinkan mereka menjalani seluruh proses dengan cepat tanpa menemui petugas. Tak mau kalah, Juli-2017, Australia mengumumkan investasi 22,5 juta dolar Australia (USD17,5 juta) mengenalkan teknologi pengenalan wajah di semua bandara internasional negara ini. Sedang Bandara Dubai tengah meng-uji coba.
Penggunaan Robot
Robot muncul di pusat2 utama, termasuk di bandara Incheon Seoul, Korea. Mereka bertugas termasuk membersihkan dan bawa barang bawaan penumpang. Di terminal baru Changi akan dilengkapi robot pembersih berseragam pelayan.

Changi membangun kompleks terminal baru disebut Jewel. Bangunan bertingkat 10 penuh toko2 dan restoran, yang intinya menghadirkan air terjun indoor 40 mt (130 kaki) dikelilingi taman dalam ruangan. Kompleks ini menjadikan bandara ini mirip pusat perbelanjaan daripada terminal bandara tradisional, dan ditujukan mengangkut penumpang transit.

Shukor Yusof, analis penerbangan dari Endau Analytics mengatakan, ini “kemauan politik”, karena negara2 berkembang melihat pembangunan bandara mutakhir cara untuk meningkatkan status secara global. (dmd; Dani M Dahwilani)

 

Monggo lengkapnya klik aja :  (https://autotekno.sindonews.com/read/1234333/124/bandara-modern-gunakan-teknologi-scan-wajah-dan-robot-1503850997)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close