RSS Feed     Twitter     Facebook

Uji coba Tcash pemberi dana pinjaman

Vote This Post DownVote This Post Up (No Ratings Yet)
Loading...
   View : 5 views    Font size:
Uji coba Tcash pemberi dana pinjaman

Rupanya kompas.com banyak memuat berita tentang TCash diantaranya : Layanan pembayaran online Telkomsel (TCash) diuji coba fitur pemberian dana pinjaman alias loan untuk masyarakat di pedesaan. Menurut CEO T-Cash, Danu Wicaksana, ini untuk memberi akses pinjaman yang lebih praktis dan efisien.

 

“Jika di perkotaan akses loan-nya banyak. Di pedesaan mengandalkan rentenir yang bunganya bisa 40%. Dengan kami jauh di bawah itu” (5/12/17), di kantor T-Cash Energy Building, Jakarta  Fitur pinjaman ini bekerja sama antara T-Cash dan “BTPN Wow”, yakni  layanan perbankan BTPN yang memanfaatkan teknologi seluler didukung jasa Agen Laku Pandai yang berperan sebagai perpanjangan tangan.

 

“Masyarakat pedesaan yang belum memiliki akses perbankan kami daftarkan sebagai nasabah BTPN dan jadi pengguna link-account BTPN Wow dan T-Cash,” Danu menjelaskan. Untuk menentukan besaran pinjaman dari BTPN via akses T-Cash, kedua pihak mengandalkan “Big Data Machine”.

 

Indikator2 yang digunakan rata2 pulsa yang dihabiskan seseorang/bulan, akses komunikasi yang sering digunakan (data, telepon, SMS), konsistensi area tempat tinggal, dsb. “Kami punya mesin di tengah, BTPN nggak tahu data kami, kami nggak tahu data mereka. Rahasianya terjamin. Privasi pengguna juga terjamin. Tapi matriks2 yang penting bisa dianalisis bersama”.

 

Awalnya, T-Cash menyediakan akses pinjaman ke 2.000 orang di Jjabar. Rata2 pinjaman yang diberikan Rp 500.000 – Rp 3 juta. “Masyarakat mikro butuhnya nggak banyak. Kalau kami sama BTPN sih agree-nya nggak di atas Rp 3 juta” kata Danu. Pengembalian dana pinjaman bisa dilakukan di titik2 Agen Laku Pandai dan outlet Telkomsel di daerah2.

 

Pengguna T-Cash sudah 10 juta, dan 40% di antaranya pengguna mikro di pedesaan. Ke depan, T-Cash menargetkan pengguna mikro tumbuh jadi 60%. Fitur peminjaman ini menunggu izin OJK beroperasi komersil. Danu menargetkan akhir tahun izin digenggam dan fitur itu bisa segera rilis awal 2018 mendatang. (Fatimah Kartini Bohang; Reza Wahyudi)

 

Monggo lengkapnya klik aja :  (http://tekno.kompas.com/read/2017/12/05/15535257/t-cash-uji-coba-fitur-pemberi-dana-pinjaman-untuk-pedesaan)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
You can leave a response, or trackback from your own site.

Leave a Reply

*