Kesehatan

Minyak Kelapa cegah Alzheimer-Mitoskah?

(lifestyle.kompas.com)-Minyak kelapa sudah dimanfaatkan ratusan tahun. Selain sebagai minyak goreng, minyak kelapa juga ber-efek baik untuk kesehatan, juga mencegah dan mengobati penyakit Alzheimer. Gangguan yang menyerang otak dan menyebabkan penurunan kemampuan kognitif hingga otot polos.

 

Penderitanya mengalami penurunan kualitas hidup yang signifikan. Menurut Dr Manny Alvarez, praktisi kesehatan dari New York University School of Medicine di AS, minyak kelapa memproduksi jenis lemak disebut asam kaprilik. Lemak ini dipecah menjadi substansi bernama badan keton.

 

Badan keton itu yang jadi alternatif sumber energi bagi sel2 otak yang kehilangan kemampuannya untuk menggunakan glukosa sebagai sumber nutrisinya. “Itulah teori yang mungkin menjelaskan manfaat minyak kelapa sebagai pencegah dari Alzheimer,” ujar Alvarez.

 

Pakar obat2an herbal asal AS Chris Kilham mengatakan, baru ada satu studi yang sedikit banyak menguak potensi minyak kelapa sebagai obat Alzheimer. Studi berskala laboratorium ini menunjukkan perubahan perilaku sel plak beta-amiloid setelah diberi badan keton turunan dari minyak kelapa. Sel plak beta-amiloid ini jenis sel yang terakumulasi dalam otak pada penderita Alzheimer.

 

Peneliti asal University of South Florida Health Byrd Alzheimer’s Institute baru2 ini mempelajari efek minyak kelapa pada kelompok kecil penderita Alzheimer yang dikategorikan sebagai pengujian klinis. Hanya, belum ada cukup bukti ilmiah pendukung manfaat minyak kelapa pada penyakit Alzheimer.

 

“Mungkin minyak kelapa bermanfaat, namun kita belum tahu pasti” ujar Kilham. Dari Studi2 kecil, orang yang tiap hari mengonsumsi virgin coconut oil (VCO) cenderung berisiko lebih rendah mengembangkan penyakit Alzheimer. Bahkan keadaan pasien Alzheimer membaik setelah melakukannya.

 

Studi dilakukan dalam skala kecil, belum cukup bukti ilmiah yang menjelaskan mekanismenya, sehingga minyak kelapa belum dapat direkomendasikan sebagai obat Alzheimer. Alvarez mengatakan, belum ada obat bagi penyakit Alzheimer, namun penanganan yang tepat sangat membantu dalam memperlambat proses penurunan kemampuan kognitif untuk memperbaiki kualitas hidup pasien.

( Artikel ini telah tayang di Kompas.com; dengan judul “Minyak Kelapa Bantu Cegah Alzheimer, Mitos atau Fakta?”,  Penulis : Unoviana Kartika; Bahan dari : FoxNews; https://lifestyle.kompas.com/read/2013/11/27/0919051/Minyak.Kelapa.Bantu.Cegah.Alzheimer.Mitos.atau.Fakta.)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close