Aku cinta Indonesia

Rumah Sakit Masuk Kampung atasi akses sulit di Bintuni

(health.detik.com)-JAKARTA; Sebagai kabupaten terluas di Papua Barat, Teluk Bintuni tantangannya  berat untuk memberi pelayanan kesehatan yang merata bagi total 78.537 penduduknya. Sejumlah 24 puskesmas di 28 distrik (kecamatan) yang sulit dijangkau lewat jalan darat dan air.

RSUD Teluk Bintuni satu2nya rumah sakit di daerah ini punya perkembangan pesat sejak peresmiannya di tahun 2011. Sebagai solusi mengatasi tantangan itu, rumah sakit ini punya program yang dinamakan Rumah Sakit Masuk Kampung atau yang disebut Rampung.

Dijelaskan Direktur RSUD Teluk Bintuni, Dr Eka Widrian Suradji, PhD, program Rampung ini diadakan dengan pemikiran daripada masyarakat yang kesulitan menjangkau RS, maka rumah sakit yang akan mendatangi mereka. Dan tentu, layanan ini tidak dipungut biaya.

 

“Pasien RS itu 80% nya dari 2 distrik, distrik Bintuni dengan Manimeri. Dari luar (distrik lain) hanya 20%. Mereka tidak bisa mengakses RS karena geografis, tranportasi, komunikasi tidak tersedia. Gimana caranya supaya jadi lebih baik? Kita akan mendekatkan pelayanan RS ke kampung2” terangnya pada wartawan (27/8/18).

Rampung memiliki dua komponen, pertama komponen laut yang disebut rumah sakit (RS) apung pakai kapal bagi kampung2 yang berada di pesisir. Yang kedua komponen darat, menggunakan mobil double gardan sebagai ambulans ke kampung yang berada di perbukitan dan dataran.

RS Apung menggunakan kapal berkapasitas 30 orang dan berlayar sebulan sekali. Di dalamnya terdapat apotek, ruang tunggu, ruang USG, ruang istirahat, ruang operasi atau tindakan dan laboratorium.

 

Tenaga kesehatan yang akan bertugas di-rolling tiap keberangkatan. RS apung mendatangi kampung2 dengan perjalanan ± 5-7 hari. Kendala yang dialami adalah ombak yang dapat menghambat pelayanan.

Yohanis Manibuy (petugas), menyebut masyarakat Teluk Bintuni senang dan terbantu  dengan adanya RS keliling ini. Ia harap ke depannya bisa maksimal untuk terus memberikan pelayanan kesehatan. (frp/up; Frieda Isyana Putri; Bahan dari : https://health.detik.com/berita-detikhealth/d-4192075/rumah-sakit-masuk-kampung-solusi-cerdas-atasi-akses-sulit-di-bintuni)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close