RSS Feed     Twitter     Facebook

Ketangguhan Gerbong INKA di klaim terbaik di Asia

Vote This Post DownVote This Post Up (No Ratings Yet)
Loading...
   View : 3 views    Font size:
Ketangguhan Gerbong INKA di klaim terbaik di Asia

(merdeka.com)-Kualitas kereta hasil produksi PT INKA untuk Bangladesh dinilai baik. Sebab, gerbong kereta itu kuat dan mampu menampung dan menahan penumpang dalam jumlah besar.

 

“Pengalaman kami (2005) kita membuat gerbong yang kuat seperti ini dan diakui oleh pihak Bangladesh kualitasnya bagus sehingga mereka ke depannya memilih KA dari PT INKA” kata staf tim purna jual (aftersales) PT INKA, Triono, dikutip dari Antara saat ditemui di Stasiun KA Kamlapur, Dhaka,  (20/11).

 

Gerbong kereta penumpang untuk Bangladesh dirancang menjadi gerbong kereta super kuat di atas rata-rata produk sejenis di Asia. Hal ini agar dapat menahan tekanan bila ada penumpang yang naik di atas gerbong.

 

“Ya benar, gerbongnya memang sangat kuat, di atas rata-rata ukuran Asia. Karena memang di sini aturan untuk naik kereta di atas (gerbong) masih diperbolehkan,” ungkapnya.

 

PT INKA sejak awal berupaya memenuhi kebutuhan KA sesuai karakteristik masyarakat dan keadaan di Bangladesh dengan melakukan studi di lapangan. “Jadi sebelumnya, personel2 PT INKA ke sini melihat karakteristik masyarakat Bangladesh ketika naik KA seperti apa, sistem operasionalnya seperti apa, perawatannya seperti apa,” ujar Triono.

 

PT INKA membuat rangkaian KA lebih panjang untuk kereta di Bangladesh agar mengimbangi kepadatan penumpang. “Kami buat rangkaian yang panjang. Kalau dibanding di Indonesia, ini rangkaian yang lebih panjang. Karena di Indonesia terbanyak maksimum 11-12 (gerbong) kereta dalam satu rangkaian. Di sini sampai 18 (gerbong)” kata dia.

 

“Kalau hari libur atau hari besar, pasti semua rangkaian kereta di Bangladesh ‘di-full-kan’ jadi 18 (gerbong) penuh,” ucap Triono. Kontrak penyediaan KA oleh PT INKA untuk Bangladesh juga disertai dengan garansi dua tahun dan layanan pendampingan operasional selama dua tahun.

 

PT INKA pertama membuat kereta khusus Bangladesh pada 2005, dan berlanjut 2016 mendapat tender proyek penyediaan sejumlah 150 kereta yang kini telah beroperasi di Dhaka. Kereta-kereta yang telah beroperasi tersebut mengangkut penumpang dari Dhaka menuju ke berbagai kota di Bangladesh.

 

PT INKA memenangkan tender penyediaan 250 kereta penumpang untuk Bangladesh, dan pengiriman awal dari 250 kereta pesanan itu dimulai pada Januari 2019. (bim; Harwanto Bimo Pratomo; Bahan dari : https://www.merdeka.com/uang/ketangguhan-gerbong-kereta-buatan-indonesia-diklaim-terbaik-di-asia.html)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
You can leave a response, or trackback from your own site.

Leave a Reply

*

code