Kesehatan

Kombinasi Makanan Yang Sebaiknya Dihindari Saat Berbuka

(muslim.okezone.com)-“Berbukalah dengan yang manis dan tak berlebihan”. Ungkapan ini mungkin sering Anda dengar dari masjid atau iklan di TV tentang berbuka puasa. Tujuan dari ungkapan itu agar umat Muslim yang beribadah puasa terhindar dari penyakit2 berbahaya.

 

Seperti yang dicontohkan Nabi Muhammad SAW. Dalam hadis disebutkan Rasulullah hanya memakan tiga kurma saat berbuka puasa. Beliau tahu betul menyantap makanan berlebihan dalam kondisi perut kosong seharian penuh itu tidak baik.

 

Dalam dunia medis, ada juga kombinasi makanan yang tidak dikonsumsi saat berbuka puasa. Apa saja makanan itu? Berikut ulasannya, sebagiamana dilansir Okezone dari Food NDTV, Rabu (8/5/2019).

 

Buah2an dengan makanan berat

Berbuka puasa dengan buah2 sangat dianjurkan. Apalagi jika pilihan buah yang Anda konsumsi mengandung banyak gula. Tapi, ada satu hal penting yang harus Anda ketahui sebelumnya.

 

Buah2an tidak baik jika dikonsumsi berbarengan atau berdekatan dengan makanan ‘berat’. Kandungan nutrisi pada buah jika dikombinasikan dengan mineral, lemak, dan protein pada makanan lain, diklaim dapat menghambat pencernaan.

 

Keju dengan kacang atau seafood dengan daging lainnya

Tubuh manusia diciptakan untuk mencerna satu jenis protein pada satu waktu. Mengonsumsi lebih dari satu bahan makanan berprotein justru dapat memicu komplikasi dalam sistem pencernaan Anda.

 

Makanan bercita rasa asam (citrus) dengan makanan berbahan dasar susu

Asam yang terkandung pada produk susu diklaim bisa mengganggu perut Anda. Juga mencampurkan protein dan pati bersamaan dinilai bukan ide bagus. Jika Anda berencana langsung menikmati makanan berat saat berbuka (misalnya daging), seimbangkanlah dengan mengonsumsi sayuran segar.

 

Jangan terburu buru saat menyantap makanan

Ingat hal terpenting yang harus diperhatikan saat berbuka puasa, menjaga ritme makan Anda. Jangan buru2. Jika tubuh Anda menerima terlalu banyak makanan tiba2 setelah kosong satu hari penuh, justru akan menyebabkan gangguan pencernaan dan masalah lambung lainnya.

 

Mulailah berbuka puasa dengan buah2, yogurt, sarbat atau smoothies. Setelah beberapa saat, nikmati hidangan utama. Ini memberi waktu perut memproses dan memastikan fungsi pencernaan berjalan tepat. (tam; Dimas Andhika Fikri; Bahan dari :  https://muslim.okezone.com/read/2019/05/08/614/2053185/3-kombinasi-makanan-yang-sebaiknya-dihindari-saat-berbuka-puasa)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close