Iptek dan Lingk. Hidup

Segera Dibuka Kota Bawah Tanah Terbesar Di Dunia

(internasional.kompas.com)-NEVSEHIR; Situs kota bawah tanah terbesar di dunia, yang ditemukan selama proyek restorasi Benteng Nevsehir di Cappadocia, Turki, segera dibuka untuk umum. Cappadocia ini kawasan bersejarah di Anatolia yang terkenal dengan kota2 bawah tanahnya.

 

Cappadocia sebagian mencakup wilayah Turki modern. Di antara kota bawah tanah di Cappadocia, yang terkenal karena pemandangannya dan jadi terbesar hingga saat ini adalah kota bawah tanah Derinkuyu, yang mampu menampung hingga 20.000 orang. Namun kota bawah tanah yang akan dibuka ini disebut akan dapat menyaingi Derinkuyu.

Ditemukan di bawah kastil puncak bukit era Bizantium di Nevsehir, situs ini diyakini ada setidaknya sejak zaman Bizantium awal atau tahun 330. Menurut pengukuran oleh ilmuwan dari Universitas Nevsehir, situs kota bawah tanah baru ini diperkirakan luasnya 460.000 m2 atau 46 ha.

 

Berbicara ke awak media, Wali kota Nevsehir Rasim Ari, pada (15/5/2019), situs kota bawah tanah itu segera dibuka untuk turis setelah proses penggalian dan restorasi selesai. ” Kota bawah tanah itu akan membuat Cappadocia sebagai tujuan wisata terbesar di Turki, ujar wali kota Ari, dikutip Daily Sabah.

 

Situs bawah tanah itu, ditemukan pada 2013 oleh pekerja konstruksi yang tak sengaja menemukan pintu masuk ke jaringan kamar dan terowongan2. Para arkeolog mengikuti terowongan dan menemukan permukiman bertingkat dengan tempat tinggal, dapur, tempat penyimpanan anggur, bahkan kapel dan tangga, yang jadi kota bawah tanah terbesar yang telah ditemukan sejauh ini.

 

Wilayah itu, di Cappadocia, memikat negara2 besar masa itu, termasuk bangsa Het, Frigia, Persia, Romawi, Bizantium, Seljuk, dan Ottoman. Setelah penduduk setempat mengenal agama dan menganut Kristen selama era awal Romawi, mereka butuh tempat persembunyian untuk bertahan hidup.

 

Mereka  membuat kota2 bawah tanah untuk melindungi diri dari penyembah berhala. Hingga kini, para arkeolog telah menemukan sekitar 35 kota bawah tanah di Turki, termasuk yang terbesar di Kaymakli dan Derinkuyu.

(Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul “Segera Dibuka, Kota Bawah Tanah Terbesar di Dunia Ada di Turki”, Penulis / Editor : Agni Vidya Perdana; Bahan dari :DailySabah dan  https://internasional.kompas.com/read/2019/05/18/03202591/segera-dibuka-kota-bawah-tanah-terbesar-di-dunia-ada-di-turki)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close