Iptek dan Lingk. Hidup

Centang WhatsApp

Diskusi tentang bagaimana kita tahu pesan kita sudah dibaca / belum? Pengalaman detikINET, kita bisa memperkirakan dari waktu ‘last seen’ yang ditampilkan di bagian bawah nama profil teman chatting. Ini penanda kapan terakhir kali rekan chatting kita membuka WA-nya.

Misal, Anda mengirim pesan tanda centang dua, tertulis pukul 09.45 AM. Lalu di bagian ‘last seen’ rekan chatting, tertulis ‘last seen today 8.04 am’. Ini memperlihatkan pesan Anda belum dibaca karena si penerima pesan, terakhir kali mengakses WhatsApp-nya pada pukul 08.04 am.

Sayangnya, ini tidak selalu jadi patokan. Karena ‘last seen’ hanya penanda waktu terakhir lawan bicara mengakses WA-nya. Bisa saja dia melihat notifikasi pesan, namun belum membuka jendela chat pesan yang dikirimkan. Misal, dia sedang membuka WhatsApp tapi sedang chat dengan orang lain.

WhatsApp menambahkan, mengapa pesan hanya terkirim ke server, namun tidak diterima rekan chatting, mungkin :

  • Ponsel mereka mungkin dimatikan atau isi baterai ponsel mereka habis.
  • Kemungkinan mereka sedang tidur, terutama jika mereka tinggal di zona waktu yang berbeda.
  • Mereka mungkin tidak tersambung ke internet (contohnya, jika mereka sedang berada di lift, sedang roaming, atau kehabisan pulsa).

 

  • Mereka mungkin melihat pemberitahuan dilayar, namun belum membuka aplikasi untuk menyatakan pesan telah disampaikan (sangat umum terjadi, penerima pengguna iPhone).
  • Mereka mungkin telah memblokir Anda.

Ini kelemahan WA, bagi pengguna, kejelasan notifikasi status pesan terkirim/tidak, sangat diperlukan. (http://inet.detik.com/read/2014/03/13/101858/2524326/398/2/%20http:/inet.detik.com/read/2014/03/10/150833/2521129/398/salah-kaprah-centang-dua-di-whatsapp)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.




Enter Captcha Here :

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
Close
Close