Pengalaman Anggota

Annona

Annona adalah nama Genus tumbuhan yang tumbuh subur di daerah tropis. Diantara 100-san jenis speciesnya, paling tidak, kita akrab dengan tiga jenisnya. Yang pertama, sirsak atau Annona muricata, yang pernah heboh daunnya diburu orang. Saya pernah menuliskan pesanan dengan nama asli Zuurzak disebuah warung, pelayanannya bingung. Jus apa ini pak?
Yang kedua Annona squamosa atau lebih populer dengan Srikaya. Mengapa dinamakan Srikaya? Mungkin karena memang ia berbedak putih dan kaya dengan biji. Banyak yang kangen dengan rasa buah yang memang lezat bila dibiarkan matang di pohon. Dua tanaman diatas bunganya harum menyengat disukai serangga.
Manakala bertemu dengan mbok yang menggendong keranjang buah itu dan berminat, kadang nggak tega untuk menawar, murahnya tidak sebanding dengan vit.C nya.
Yang ketiga Buah Nona sendiri. Pohonnya cepat tinggi, buahnya warna coklat besar dan keras terutama saat masih muda. Sayangnya dari ketiga Nona ini, buah Nona-lah yang paling tidak enak dimakan. (Sadhono Hadi; dari grup FB ILP)-FR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.




Enter Captcha Here :

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close