Iptek dan Lingk. Hidup

Gadged keren disiapkan meluncur

Liputan6.com, Jakarta-Tak terasa kurang dari 2 bulan lagi, 2016 segera berakhir. Banyak hal terjadi di tahun ini, tak terkecuali bidang teknologi. Beragam inovasi diperkenalkan selama tahun ini. Mengingat IT terus berkembang, tahun depan deretan produk teranyar juga menanti. Beberapa di antaranya banyak dirumorkan tahun ini.

 

Lantas, produk IT apa saja yang paling dinanti meluncur tahun depan? Tim Tekno Liputan6.com akan membuatkan daftarnya. Dikutip Business Insider (22/11/16), berikut lima gadget keren yang rilis tahun depan. Perlu diingat ada kemungkinan beberapa perangkat dalam daftar ini mengalami perubahan waktu peluncuran, mengingat tengah dalam tahap pengembangan.

 

1-Samsung Galaxy S8

Smartphone ini digadang-gadang akan menjadi jawaban Samsung atas kegagalan Galaxy Note 7 yang diluncurkan tahun ini. Karenanya, perusahaan asal Korea Selatan itu akan melakukan perubahan yang cukup signifikan pada penerus Galaxy S7 tersebut.

 

Salah satunya adalah kehadiran asisten virtual baru yang didesain khusus untuk seri terbaru smartphone ini. Rencananya, Samsung akan mengintegrasikan asisten digital besutan startup yang baru dibelinya, Viv Labs, pada Galaxy S8.

 

Rumor lain yang berkembang menyebutkan, Galaxy S8 tak akan dibekali dengan tombol fisik Home. Kabar ini mencuat setelah tak ada satu pun pemasok komponen menerima pesanan tombol fisik dari Samsung.

 

2-iPhone 8

Smartphone lain yang juga sedang dinanti oleh banyak orang dan akan dirilis pada tahun depan adalah iPhone 8. Alasannya, tahun depan merupakan ulang tahun iPhone ke-10. Karenanya, banyak pihak percaya iPhone terbaru akan hadir dengan perubahan yang cukup signifikan.

 

Salah satu rumor yang sudah berkembang adalah penggunaan layar OLED pada iPhone 8. Perusahaan asal Cupertino itu dikabarkan telah memesan layar OLED pada sejumlah pemasok, seperti LG dan Samsung.

 

Tak hanya itu, analis Ming-Chi Kuo juga memprediksi iPhone yang rilis tahun depan akan memiliki ukuran layar yang tak biasa. Menurutnya, layar iPhone tersebut akan memiliki luas 5,8 inci, dengan hanya 5,1 sampai 5,2 inci yang dapat berfungsi aktif.

 

3-Laptop Google dengan Android versi khusus

Tahun ini, Google dikabarkan tengah berencana untuk menanamkan sistem operasinya ke lebih banyak perangkat. Rencana itu berlaku untuk Chrome OS dan juga Android. Karenanya, perusahaan tersebut tengah mengembangkan sistem operasi baru yang diberi nama Andromeda OS.

 

Sistem operasi itu rencananya digunakan pada laptop yang dibesut langsung oleh Google. Menurut laporan terbaru, laptop itu akan diluncurkan menjelang akhir tahun depan dan disebut-sebut merupakan penerus Chromebook. Laptop tersebut juga memiliki fungsi 2-in-1, yakni dapat digunakan sebagai laptop dan tablet.

 

4-Headset VR baru yang kompatibel dengan Windows 10

Pembaruan dari Windows 10 yang rilis tahun depan akan sarat dengan beragam fitur baru. Salah satunya adalah kemampuan menggunakan Virtual Reality (VR) headset langsung dengan komputer yang menjalankan Windows 10.

 

Karenanya, sejumlah perusahaan disebut telah mulai mengembangkan headset tersebut dengan harga yang lebih terjangkau sekitar US$ 299. Dell, Asus, dan Lenovo merupakan beberapa perusahaan yang dikabarkan telah mulai mengembangkan perangkat tersebut.

 

5-Nintendo Switch

Untuk gamer, 2017 juga jadi tahun yang paling dinantikan, terutama fans Nintendo. Sebab, perusahaan asal Jepang itu akan meluncurkan konsol terbarunya, Switch, Maret 2017. Konsol ini begitu dinanti karena berkonsep yang berbeda dari seri sebelumnya. Nintendo menawarkan pengalaman konsep bermain gim secara portabel dan rumahan dalam satu perangkat.

 

Meski ada informasi mengenai kepastian peluncuran termasuk tampilan fisik Switch, Nintendo masih menyimpan erat2 info detail lain. Perusahaan itu telah mengonfirmasi konsol ini nanti dapat dimainkan menggunakan kartrid dan dukungan Nvidia sebagai rekanannya. (Dam/Ysl; Agustinus Mario Damar; http://tekno.liputan6.com/read/2656913/5-gadget-keren-yang-siap-meluncur-tahun-depan)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.




Enter Captcha Here :

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
Close
Close