Psikologi

Ikigai-Konsep Orang Jepang meningkatkan kerja dan hidup(3/3)

(bbc.com/indonesia)-Selanjutnya seri terakhir Ikagai : Berpikir lebih sempit

Bukan berarti bekerja lebih keras dan lebih lama itu prinsip utama filosofi ikigai – hampir seperempat pekerja Jepang bekerja lembur lebih dari 80 jam tiap bulan, dan akibatnya tragis – fenomena karoshi

 

Yaitu mati akibat kebanyakan kerja menelan lebih 2.000 nyawa tiap tahunnya. Justru, ikigai merasakan pekerjaan anda berguna bagi kehidupan orang. lain Bagaimana orang2 menemukan makna dalam pekerjaan adalah topik yang sangat menarik perhatian para ahli manajemen.

 

Hasil penelitian profesor manajemen Wharton Adam Grant menjelaskan yang memotivasi pegawai adalah “mengerjakan pekerjaan yang mempengaruhi kesejahteraan orang lain” dan yang “melihat atau menemui orang2 yang terdampak oleh pekerjaan mereka.”

 

Dalam eksperimen, cold caller (orang yang berusaha menjual atau mengumpulkan dana lewat telepon) di University of Michigan yang menghabiskan waktu dengan seorang penerima beasiswa yang dananya diusahakan untuk dikumpulkan membawa 171% lebih banyak uang disbanding orang2 yang bekerja lewat telepon.

 

Tindakan sesederhana menemui calon murid penerima dana memberi makna ke para pengumpul dana dan meningkatkan kinerja mereka.

 

Hal ini juga berlaku untuk kehidupan secara umum. Daripada membayangkan bisa mengatasi kelaparan di seluruh dunia, anda dapat memulai dari hal kecil dengan membantu orang2 di sekitar anda, seperti dalam kelompok sukarelawan lokal.

 

Ragamkan Ikagai Anda

Pensiun dapat memberikan rasa kehilangan dan kekosongan yang besar bagi orang2 yang menemukan ikigai di pekerjaan mereka. Hal ini terutama benar bagi para atlit, yang memiliki karir relatif lebih pendek.

 

Juara lari gawang yang pensiun 2012, Dai Tamesue, mengatakan dalam wawancara baru2 ini bahwa pertanyaan mendasar yang dia tanyakan setelah dia pensiun: “apakah yang saya ingin capai lewat OR?”

 

“Bagi saya, yang saya ingin capai dengan berkompetisi di trek dan lapangan itu mengubah persepsi orang.” Setelah pensiun, dia mulai sebuah perusahaan yang mendukung bisnis berkaitan OR.  Kisah Tamesue menunjukkan fleksibilitas ikigai dan bagaimana hal itu dapat diaplikasikan.

 

Saat masa pensiun tiba, akan membantu jika mengerti jelas alasan anda melakukan apa yang anda lakukan di luar menerima gaji. Memperhatikan konsep ini, mungkin akan membantu anda menghidupi hidup yang lebih hidup.  (Yukari Mitsuhashi; Bahan dari :  http://www.bbc.com/indonesia/vert-cap-41021291)-FatchurR *** Tamat………….

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*

code

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close