Iptek dan Lingk. Hidup

Uber dan Boeing diajak Jepang kembangkan Mobil Terbang

(properti.kompas.com)-Konsep mobil terbang, salah satu solusi kemacetan tampaknya makin nyata. Perusahaan rintisan di dunia sedang berusaha mengupayakan gagasan yang hingga saat ini baru terealisasi dalam gambaran film fiksi ilmiah.

 

Moda transportasi ini dianggap mampu mengurai kemacetan di kota2 besar. Untuk itu pengembangan mobil terbang jadi fokus yang dikerjakan Jepang. Jepang berupaya mengembangkan mobil terbang. Dua perusahaan transportasi, Uber Technologies Inc. dan Boeing Co. bekerja sama dalam proyek yang digagas pemerintah untuk mewujudkan kendaraan ini dalam dekade mendatang.

 

“Pemerintah Jepang akan mendukung merealisasikan konsep mobil terbang, seperti pembuatan aturan yang dapat diterima” ujar kementerian perdagangan Jepang tertulis. Menteri Ekonomi Jepang, Hiroshige Seko juga mengatakan hal sama. Bahwa mobil terbang dapat meredakan lalu lintas perkotaan, membantu transportasi di pulau2 terpencil dan daerah pegunungan saat bencana.

 

Seko Hiroshige juga mengatakan teknologi ini juga bisa digunakan dalam industri pariwisata. Kendati belum terlaksana, beberapa pihak mendesak pemerintah menerbitkan regulasi mengenai model transportasi ini. Teknologi penerbangan, butuh persetujuan dari pengampu kebijakan, yang mungkin memakan waktu ber-tahun2.

 

“Penting bagi pemerintah memimpin dan berkoordinasi dalam menetapkan standar keamanan” tutur Yasuo Hashimoto, peneliti Japan Aviation Management Research. Tren pengembangan mobil terbang di dunia. Mimpi memiliki mobil terbang tinggal selangkah lagi. Beberapa perusahaan global memulai riset dan pengembangan.

 

Uber memulai perlombaan menciptakan moda transportasi ini dengan investasi 20 juta dollar AS untuk mengembangkan layanan mobil terbang di Paris. Investasi ini berjalan 5 tahun ke depan. Bahkan Uber menetapkan tujuan memulai operasi taksi terbang pada tahun 2023.

 

Sejalan dengan Uber, Kitty Hawk, Mountain View, perusahaan rintisan yang didirikan founder Google, Larry Page, pada Juni-2018 menawarkan purwarupa kendaraan terbang yang bisa mengangkut satu orang.

 

Pengembang2 dan produsen mobil seperti Volkswage AG, Daimler AG, dan Greely Automobile Holdings Ltd , sudah memiliki bayangan mengenai model mobil terbang ini. Meski tren pengembangan mobil terbang sudah di depan mata, namun belum ada perusahaan otomotif Jepang yang mengembangkan moda transportasi ini.

(Artikel ini telah tayang di Kompas.com; dengan judul “Jepang Ajak Uber dan Boeing Kembangkan Mobil Terbang “, Penulis : Rosiana Haryanti; Editor : Hilda B Alexander; Bahan dari : https:// Bloomberg dan properti.kompas.com/read/2018/08/25/100000921/jepang-ajak-uber-dan-boeing-kembangkan-mobil-terbang-)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.




Enter Captcha Here :

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
Close
Close