Kesehatan

Manfaat Kolang Kaling bagi Tubuh

(alodokter.com)-Mendengar kata kolang kaling pasti terbayang segarnya buah ini. Selain segar dan enak dimakan dengan campuran sirup, ternyata Kolang kaling juga bermanfaat meningkatkan kesehatan

 

Manis dan enak disantap, kolang kaling mengandung beragam nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Setidaknya, dalam 100 gram kolang kaling ada 243 mg fosfor, 6 gr karbohidrat, 91 mg kalsium, 0,4 gr protein, 0,2 gr lemak, 1,6 gr serat, 0,5 mg zat besi, dan kalori 27 kkal. Dengan kandungan nutrisi itu, kolang kaling dipercaya dapat memberikan manfaat untuk tubuh.

 

1-Serat

Kolang kaling mengandung serat kasar yaitu serat tidak larut. Dengan serat tidak larut ini dapat membantu memperlancar pencernaan dan pembuangan racun dari usus. Sehingga, jika Anda ingin mencegah konstipasi atau sembelit, Anda disarankan mengonsumsi kolang kaling. Serat tidak larut juga dipercaya mencegah adanya zat yang meningkatkan risiko kanker kolorektal.

 

2-Kalsium

Dalam setiap 100 gr kolang-kaling mengandung 91 mg kalsium. Kalsium dibutuhkan untuk menjaga kesehatan tulang dan memperkuat tulang. Tidak hanya tulang, bagian tubuh lain juga perlu tulang untuk berfungsi dengan baik misalnya saraf, hati, dan otot.

 

3-Fosfor

Buah kecil manis ini juga mengandung fosfor untuk tubuh.  Setidaknya  ada 243 mg fosfor dalam 100 gr kolang kaling. Manfaat fosfor : Memperkuat gigi dan tulang, menghasilkan RNA dan DNA, memperbaiki dan menjaga sel serta jaringan tubuh. Fosfor dibutuhkan untuk menggerakkan otot, menghasilkan energi, dan menyimpannya. Fosfor juga membantu menjaga keteraturan detak jantung manusia.

 

4-Zat besi

Manfaat lainnya dari zat besi di dalamnya. Zat besi bermanfaat   mengalirkan karbondioksida dan oksigen ke seluruh tubuh, serta mengatasi rasa lelah dan anemia yang disebabkan defisiensi zat besi. Kolang kaling juga mengandung gelatin tinggi. Kandungan ini membantu yang ingin diet. Pasalnya, gelatin membantu menurunkan berat badan, mengatasi osteoarthritis, osteoporosis, dan radang sendi.

 

Santap nikmatnya Manfaat Kolang Kaling

Silakan mencoba resep membuat manisan kolang kaling di bawah ini.

Bahan yang dibutuhkan:

 

  • 500 gram kolang kaling muda
  • 5 butir cengkeh
  • 200 gram gula pasir
  • 1 lembar daun pandan
  • 2,5 cm kayu manis
  • 600 ml air
  • Pewarna makanan sesuai selera (pilih yang alami)

 

Cara membuat manisan kolang kaling:

 

  • Pertama, tuang air ke dalam panci lalu panaskan. Kemudian masukan daun pandan, kayu manis, gula pasir, dan cengkeh. Diamkan hingga air tercium harum dan air
  • Barulah kemudian masukan kolang kaling ke dalam air yang mendidih. Kecilkan api, tunggu hingga kolang kaling matang, baru kemudian tambahkan sedikit pewarna.
  • Setelah matang dan pewarna (pilih yang alami) ditambah nutrisi, herba, angkat kolang kaling dan tuang ke wadah atau toples. Diamkan kolang kaling di kulkas dulu sebelum disajikan.

 

Ragam manfaat kolang kaling bagi kesehatan dapat Anda nikmati berkat nutrisi yang dikandungnya. Bagi yang memiliki kondisi medis tertentu, jangan ragu konsultasi ke dokter atau ahli gizi Anda. (Ditinjau oleh: dr. Kevin Adrian; Bahan dari : https://www.alodokter.com/inilah-manfaat-kolang-kaling-bagi-tubuh)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close